Telkomsel 'Suntik Mati' Sinyal 3G di 119 Kota, Diganti ke 4G

Rahmi Yati
Selasa, 7 Februari 2023 | 16:26 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Telkomsel akan melanjutkan proses "suntik mati" atau pengalihan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 119 kota/kabupaten di Indonesia. Artinya, jaringan generasi ketiga tersebut tak akan lagi bisa diakses oleh pengguna.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan langkah tersebut akan dimulai pada Februari 2023 dengan menargetkan wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

"Proses pemerataan jaringan 4G/LTE ini merupakan kelanjutan yang sudah dimulai sejak Maret 2022 dan sudah mencakup 204 kota/kabupaten dari total 504 kota/kabupaten yang ditargetkan di Indonesia," ujarnya, Selasa (7/2/2023).

Nugroho memerinci, proses upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE sendiri telah dilakukan oleh Telkomsel secara bertahap dan terukur sejak tahun lalu dengan menargetkan 504 kota/kabupaten wilayah populasi Indonesia.

Hingga akhir 2022, sambung dia, Telkomsel sukses melakukan upgrade layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 204 kota/kabupaten. Dengan begitu, masih tersisa 300 Kota/Kabupaten lagi.

"Semoga upaya upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE ini dapat berjalan lancar, sehingga mampu berkontribusi dalam mendorong pembangunan ekosistem digital di setiap daerah," ucap dia.

Lebih lanjut Nugroho mengeklaim, proses upgrade jaringan dari 3G ke 4G/LTE ini telah berkontribusi terhadap peningkatan jumlah pelanggan Telkomsel pada 2022 (YoY) yang menggunakan uSIM 4G sebesar 7,3 persen, diikuti dengan pertumbuhan trafik payload 4G sebesar 18,2 persen (YoY).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper