Telkomsel Siapkan Jaringan Privat dan IoT untuk Kontraktor Pertambangan

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 3 Februari 2023 | 15:17 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan kontraktor pertambangan PT Putra Perkasa Abadi (PPA), perihal pengembangan solusi pertambangan cerdas (Smart Mining) dan jaringan privat (private network) berbasis IoT.

Sebelumnya di industri pertambangan, anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. ini juga telah menerapkan solusi 5G Underground Smart Mining pertama di Indonesia pada September 2022 bersama PT Freeport Indonesia dan MIND ID. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Telkomsel dan PPA dilakukan saat Telkomsel Enterprise Solution Day 2023.

Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit mengatakan di tengah kondisi ekonomi dunia yang cukup menantang saat ini, transformasi digital akan membantu pelanggan bisnis dari semua jenis industri untuk menjadi lebih produktif, efisien, dan aman.

“Telkomsel Enterprise kini hadir sebagai sumber kekuatan teknologi digital yang dapat mendukung transformasi dan akselerasi pertumbuhan bisnis dengan ragam solusi terlengkap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan." kata Sigit, Kamis (2/2/2023).

Jaringan privat adalah jaringan khusus yang hanya dapat diakses oleh orang-orang atau perusahaan yang telah diizinkan atau terdaftar. Dengan dedikasi jaringan khusus ini, perusahaan dapat mengelola dan memantau akses ke informasi internal dengan tetap menjaga privasi dan lebih aman dari serangan siber.

Kemudian dalam hal solusi untuk pertambangan cerdas, Telkomsel akan membantu perusahaan mengurangi risiko kecelakaan kerja karena para pekerja dapat memantau jalannya proyek dari jarak jauh.

Adapun di industri telekomunikasi global, teknologi pertambangan cerdas bukanlah hal baru. Teknologi ini sudah terbukti efektif diterapkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, China, Swedia dan Rusia. Sementara itu pertambangan cerdas yang diterapkan Telkomsel di Freeport Indonesia dan PPA merupakan yang pertama di Asia Tenggara.

Dalam acara Telkomsel Enterprise Solution Day 2023 Telkomsel juga menghadirkan beragam solusi digital bagi segmen korporasi, seperti solusi layanan Telkomsel Enterprise Advanced Connectivity dengan produk Smart Lighting, Smart Metering, dan Smart Lock (IoT NTrance) sebagai solusi end-to-end berbasis konektivitas dan Narrow Band Internet-of-Things (NB IoT) yang dapat menjawab kebutuhan efisiensi biaya dan daya dengan cakupan yang lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper