Telkomsel Jadi Operator Tercepat Unduh Internet

Khadijah Shahnaz Fitra
Rabu, 1 Februari 2023 | 09:42 WIB
Karyawan melayani pelanggan di salah satu gerai Grapari di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Karyawan melayani pelanggan di salah satu gerai Grapari di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Telkomsel, anak usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Telkom (TLKM) menjadi operator tercepat dalam mengunduh internet di Indoensia.

Dilansir dari dataindonesia.id,Rabu (1/2/2023),Telkomsel menjadi operator seluler dengan kecepatan unduhan di internet tertinggi di Indonesia pada kuartal IV/2022. 

Berdasarkan data Speedtest, operator seluler tersebut memiliki median kecepatan unduhan di internet sebesar 20,85 Megabita per detik (Mbps). 

Posisi kedua ditempati XL dengan median kecepatan unduhan sebesar 19,18 Mbps. Sedangkan, IM3 Ooredoo memiliki kecepatan unduhan sebesar 12,77 Mbps. 

Smartfren memiliki median kecepatan unduhan sebesar 11,79 Mbps. Sementara 3 berada di posisi terakhir dengan median kecepatan unduhan sebesar 10,9 Mbps. 

Menurut jeda waktu pengiriman data, Telkomsel masih menjadi yang paling unggul dengan durasi 47 milidetik (ms). Posisinya diikuti Smartfren dengan jeda waktu pengiriman data selama 56 ms. 

Sedangkan, Im3 Ooredoo dan XL masing-masing memiliki jeda waktu pengiriman data selama 58 ms dan 60 ms.

Adapun dari sisi gadget,  Apple menjadi ponsel dengan kecepatan unduhan tertinggi di Indonesia pada kuartal IV/2022. Ponsel dengan logo apel yang sudah digigit itu memiliki median kecepatan unduh sebesar 29,39 Megabita per detik (Mbps). 

Posisi kedua ditempati Samsung dengan median kecepatan unduh  sebesar 19,74 Mbps. Kemudian, median kecepatan unduh ponsel Xiaomi sebesar 17,86 Mbps. 

Realme memiliki median kecepatan unduhan ponsel sebesar 13,36 Mbps. Sedangkan, median kecepatan unduh ponsel Oppo sebesar 12,57 Mbps.  Untuk kecepatan unggah, ponsel Apple memiliki median sebesar 10,64 Mbps pada kuartal IV/2022. 

Kecepatan unggah Apple kalah saing dengan Oppo dan Samsung.  Secara rinci, Oppo memiliki median kecepatan unggah sebesar 11,13 Mbps. 

Lalu, Samsung punya median kecepatan unggah sebesar 10,79 Mbps. Adapun, Xiaomi masih berada di posisi terakhir. Median kecepatan unggah dari ponsel asal China ini sebesar 9,9 Mbps pada kuartal IV/2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper