Langkah Telkomsel, ISAT dan EXCL Sukseskan F1 H20 Danau Toba

Rahmi Yati
Minggu, 29 Januari 2023 | 23:55 WIB
Danau Toba dilihat dari Geosite Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan. JIBI/Nancy Junita. Langkah Telkomsel, ISAT dan EXCL Sukseskan F1 H20 Danau Toba
Danau Toba dilihat dari Geosite Sipinsur Kabupaten Humbang Hasundutan. JIBI/Nancy Junita. Langkah Telkomsel, ISAT dan EXCL Sukseskan F1 H20 Danau Toba
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Operator seluler Tanah Air bersiap menyukseskan ajang F1 Powerboat atau F1 H20 Danau Toba Sumatra Utara (Sumut) yang akan digelar pada 24-26 Februari 2023.

Vice President Corporate Communications PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) Saki Hamsat Bramono mengatakan pihaknya telah melakukan optimalisasi kualitas dan peningkatan kapasitas jaringan di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara.

Hal itu, sebutnya, dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran dan kenyamanan akses konektivitas layanan broadband bagi para peserta mancanegara dan pengunjung selama gelaran F1 H20 Toba 2023 tersebut.

"Sebagai upaya penambahan cakupan jaringan, Telkomsel juga menyiagakan Compact Mobile BTS [COMBAT] di lokasi utama kompetisi, Teluk Balige," ujarnya kepada Bisnis, Minggu (29/1/2023).

Lebih lanjut dia menyebut, untuk infrastruktur jaringan secara menyeluruh, saat ini di Kawasan Danau Toba dan sekitarnya telah terlayani 7 BTS 4G/LTE Telkomsel.

Saki juga mengeklaim sebagai salah satu kawasan destinasi super prioritas, di Kawasan Danau Toba juga telah terjangkau oleh jaringan broadband super cepat Hyper 5G Telkomsel.

"Untuk menambah dukungan kemudahan akses produk dan layanan, Telkomsel saat ini tengah berkoordinasi secara intensif bersama panitia acara guna mempersiapkan dan menyambut kedatangan para peserta mancanegara dengan ketersediaan kartu Telkomsel Prabayar Tourist dan paket roaming Telkomsel RoaMAX," imbuhnya.

Sementara itu Group Head Corporate Communication PT XL Axiata Tbk. (EXCL)Retno Wulan menyatakan secara umum, di kawasan event F1 H20 sudah dilakukan optimalisasi jaringan sejak acara W20 pada Juli 2022.

Adapun jaringan data XL Axiata di kawasan Danau Toba dan sekitarnya saat ini, sambung Wulan, ditopang oleh lebih dari 300 BTS 4G yang menjangkau sekitar 489 desa/kelurahan, 35 kecamatan, yang masuk wilayah Kabupaten Samosir yang berada di Pulau Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasunduta, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Karo.

"Seiring adanya ajang ini, saat ini masih dalam proses untuk penambahan 1 MBTS lagi di Balige," ucap dia.

Senada, SVP-Head of Corporate Communications PT Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Steve Saerang mengaku saat ini jaringan 4G sudah menjangkau area Danau Toba sebagai tempat pariwisata yang berkelas internasional.

Steve juga memastikan beberapa point of interest (POI) seperti pelabuhan, hotel, sport center, dan lainnya, juga sudah tercover dengan sejumlah BTS 4G milik emiten berkode saham ISAT itu.

"Kami akan melakukan pemantauan dan optimalisasi jaringan di sekitar tanggal-tanggal penting tersebut untuk memastikan pelanggan merasakan pengalaman digital terbaik," tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan fasilitas konektivitas internet dan telekomunikasi di gelaran F1 H20 Danau Toba setara dengan fasilitas yang disiapkan pada MotoGP Mandalika 2022.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengaku sudah berkoordinasi dengan operator seluler agar komunikasi dalam penyelenggaraan F1 Powerboat itu lancar.

"Dalam gelaran balapan speedboat bergengsi dunia itu, Kementerian Kominfo memiliki dua tugas utama, yakni memastikan kesiapan infrastruktur telekomunikasi dan melaksanakan komunikasi publiknya," kata Usman.

Dia memerinci, penyediaan infrastruktur komunikasi akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI).

Sedangkan dalam komunikasi publik, lanjut Usman, Kemenkominfo bertugas mengkomunikasikan kepada masyarakat secara luas tentang penyelenggaraan F1 Powerboat.

"Dengan penyiapan infrastruktur telekomunikasi itu, awak media lokal dan luar negeri yang hadir meliput gelaran olah raga internasional tersebut diharapkan bisa nyaman dalam bekerja, khususnya ketika mengirim video, gambar hingga berita ke kantor atau negara masing-masing," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper