Indosat Targetkan Integrasi Jaringan MOCN Rampung Kuartal I/2023

Rahmi Yati
Minggu, 29 Januari 2023 | 14:48 WIB
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (28/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menargetkan integrasi jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN) akan sepenuhnya selesai pada akhir kuartal I/2023 di seluruh Indonesia.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan teknologi ini bertujuan memberikan jangkauan yang lebih luas, kualitas layanan dalam ruangan yang lebih baik, dan pengalaman internet yang lebih cepat bagi pelanggan.

"Integrasi jaringan dengan teknologi MOCN akan sepenuhnya selesai pada akhir kuartal pertama 2023 di seluruh Indonesia untuk memaksimalkan potensi-potensi yang belum tersentuh," kata Vikram dikutip Minggu (29/1/2023).

Vikram menyebut, langkah integrasi ini dilakukan bersama Ericsson. Keduanya bahkan telah menyelesaikan proses integrasi jaringan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) sebagai salah satu proyek integrasi jaringan tercepat.

Dia mengungkapkan kini IOH memiliki cakupan dan penetrasi dalam ruangan yang meningkat 20 persen, kecepatan data yang meningkat 27 persen, serta lalu lintas data yang meningkat 21 persen dibandingkan dengan sebelum adanya proses integrasi.

“Kami mengapresiasi penyelesaian integrasi jaringan di Jabodetabek ini yang sekaligus menandai tonggak penting dalam kemitraan strategis antara IOH dan Ericsson," ujarnya.

Sementara itu, Head of Ericsson Indonesia, Jerry Soper, optimistis proyek ini dapat memaksimalkan efektivitas infrastruktur jaringan yang ada dan secara signifikan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh Jabodetabek. 

Dia mengklaim, Ericsson menggunakan teknologi terbaru untuk menyediakan jaringan modern bagi IOH yang sepenuhnya siap untuk 5G dengan konsumsi energi yang lebih rendah dan kapasitas yang lebih besar.

Bukan itu saja, menurut Jerry, perangkat radio terbaru Ericsson dapat mendukung IOH dengan fitur-fitur yang mampu meningkatkan kapasitas sekaligus meningkatkan efisiensi site dan mempercepat time-to-market (TTM) dari berbagai layanan 4G dan 5G.

"Perangkat baseband terbaru dari Ericsson juga memungkinkan IOH memiliki kemampuan multi-standar untuk menjalankan 2G, 4G, dan 5G secara bersamaan menggunakan konfigurasi mixed mode," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper