Ventura Milik Telkomsel Suntik Rp202 Miliar ke Startup EdenFarm

Rahmi Yati
Senin, 30 Januari 2023 | 18:00 WIB
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Ilustrasi Startup. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - EdenFarm, startup agritech, berhasil memperoleh pendanaan senilai US$13,5 juta atau setara Rp202 miliar pada putaran pendanaan Pra-Series B terbarunya yang dipimpin oleh Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) sebagai unit modal ventura Telkomsel.

CEO Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) Mia Melinda menilai jaringan B2B food supply chain EdenFarm yang kuat dari hulu ke hilir telah berhasil mendorong pemberdayaan petani lokal untuk memperoleh pendapatan yang lebih baik sekaligus memberikan dampak positif di pedesaan.

"Untuk itu kami sangat bersemangat untuk mendukung ekosistem pangan EdenFarm melalui pendanaan dan kolaborasi jangka panjang dengan Telkomsel Digital Food Ecosystem [DFE] yang merupakan salah satu inisiatif Telkomsel untuk mendukung digitalisasi sektor pertanian," ujarnya, Senin (30/1/2023).

Mia menyebut pendanaan ini dilakukan TMI bersama Appworks dan AC Ventures, serta didukung oleh perusahaan venture lainnya seperti Decart Ventures, Fubon Capital, Trihill Capital, OCBC NISP Ventura, Nakhla dan Capria Ventures.

Menurut dia, EdenFarm merupakan startup agrikultur yang berfokus membangun ekosistem distribusi pangan (food supply chain ecosystem) nasional untuk lebih menguntungkan para petani dan seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian secara berkelanjutan.

"Investasi yang telah didapat tersebut akan menjadi modal bagi EdenFarm untuk memperkuat penetrasi dalam menjaring lebih banyak mitra petani di seluruh Indonesia, serta meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menghadirkan solusi berbasis teknologi yang dapat mengatasi permasalahan efisiensi pada distribusi guna mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia," imbuhnya.

Sementara itu Founder dan CEO EdenFarm David Setyadi Gunawan mengaku siap melayani setiap aspek di industri agrikultur, mulai dari pertanian hingga distribusinya, untuk membantu petani menciptakan bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan.

Pendanaan terbaru ini, sambung dia, akan memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan kehadiran sekaligus memperkuat posisi EdenFarm sebagai pemain teknologi terbesar di sektor pertanian dan jasa pangan.

"Kami yakin kemitraan dengan Telkomsel ini akan memberikan manfaat yang signifikan bagi platform kami," ucapnya.

Untuk diketahui, EdenFarm berhasil memperoleh pendanaan US$34,5 juta di sepanjang putaran pendanaannya sejak didirikan pada 2017.

Perusahaan rintisan ini telah mengalami pertumbuhan hampir 60 kali lipat dalam 40 bulan terakhir dan berencana meningkatkan laba dalam 12 bulan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper