Telkomsel Andalkan Jaringan 5G, Perkuat Loyalitas Pelanggan

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 2 Januari 2023 | 16:42 WIB
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Warga melintasi iklan Telkomsel di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kehadiran jaringan 5G diklaim turut berdampak pada loyalias pelanggan dalam menggunakan layanan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Jaringan super cepat itu memberikan pengalaman baru kepada para pelanggan Telkomsel. 

“Teruratama untuk [pelanggan yang memiliki] ponsel-ponsel yang baru-baru ini, yang segmen menengah ke atas,” kata Vice President Postpaid Consumer, International Roaming and Interconnect Telkomsel Bernadus W. Wijayanto kepada Bisnis beberapa waktu lalu. 

Dia mengatakan dengan kehadiran jaringan 5G, pelanggan yang memiliki ponsel 5G akan merasakan pengalaman baru dan dapat memaksimalkan ponsel 5G tersebut berkat kecepatan internet yang lebih baik dari 4G. 

“Nonton lebih lancar, kemudian untuk bermain gim juga lebih enak. Pasti pelanggan akan pilih yang terbaik itu kata kuncinya,” kata Bernadus. 

Loyalitas pelanggan menjadi salah satu isu di industri telekomunikasi. Tarik-menarik antar operator dalam memperebutkan pelanggan masih sangat kencang. Sebagai gambaran, merujuk pada laporan keuangan kuartal III/2022, Telkomsel melayani 159,83 juta pelanggan. 

Dari ratusan juta pelanggan tersebut, sebanyak 152,32 juta pelanggan adalah pelanggan prabayar dan 7,5 juta adalah pelanggan pascabayar. Jumlah pelanggan pascabayar Telkomsel bertambah 10,6 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk. melayani 57,4 juta pelanggan pada kuartal III/2022, terkoreksi 600.000 pelanggan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Adapun Indosat Ooredoo Hutchison baru saja merayakan 100 juta pelanggan pada Desember 2022. Jumlah pelanggan dan kekuatan Indosat bertambah setelah melebur dengan Tri Indonesia. 

Sebelumnya, VP Network Assitance, Security, and Operations Center Telkomsel Galumbang Pasaribu mengatakan penggelaran jaringan 5G masih dilakukan secara selektif, mengingat ekosistem 5G di Tanah Air belum berkembang.  5G Telkomsel membidik pasar korporasi atau industri. 

Per Desember 2022, Telkomsel tercatat telah menggelar jaringan 5G di 49 titik, dengan harapan pada 2023 bertambah tiga kali lipat menjadi 131 titik. Adapun secara total, base transceiver station (BTS) 5G yang dioperasikan Telkomsel pada kuartal III/2022 sebanyak 263 BTS. 

“Untuk 5G masih selektif kami sampaikan, karena memang masih banyak kendala, termasuk device masih belum dominan sehingga kami bermain di level korporasi,” kata Galumbang saat konferensi pers persiapan jaringan jelang Natal dan Tahun Baru 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper