India Segera Produksi Airpods Milik Apple

Rahmi Yati
Senin, 30 Januari 2023 | 15:51 WIB
Apple AirPods 3/Toms Guide
Apple AirPods 3/Toms Guide
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemasok utama Apple Inc. mulai membuat komponen untuk AirPods di India. Hal ini menandai langkah signifikan pemerintah dalam memperluas produksi perangkat Apple selain iPhone di negara tersebut.

"India Jabil Inc. telah mulai mengirimkan penutup AirPods, atau badan plastik, ke China dan Vietnam, tempat earphone nirkabel dirakit," kata salah satu sumber yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari Bloomberg, Senin (30/1/2023).

Sumber tersebut mengatakan Apple tengah membangun produksi di India untuk mengurangi ketergantungannya pada China.

Terlebih, dengan adanya pembatasan perdagangan AS dan gangguan terkait Covid-19 yang telah membuat manufaktur lebih berisiko.

Sebelumnya, produksi perangkat Apple di India hanya terbatas pada iPhone. Itu artinya, kini AirPods jadi produk Apple kedua yang sebagian diproduksi di negara tersebut.

Namun sayangnya, India dinilai masih membutuhkan waktu lama untuk membuat Apple memproduksi AirPods sepenuhnya secara lokal, kendati pemerintah telah memberikan izin kepada belasan pemasok China untuk meningkatkan produksinya melalui usaha patungan dengan mitra India.

Untuk diketahui, Perdana Menteri Narendra Modi telah menjadikan sektor manufaktur India sebagai prioritas nasional. Pemerintah bahkan memberikan insentif keuangan dan dukungan untuk proyek ekspansi perusahaan termasuk salah satunya produksi lokal perangkat earphone nirkabel dan jam tangan pintar.

“Membuat penutup biasanya merupakan langkah pertama untuk produksi penuh AirPods,” kata Neil Shah, salah seorang peneliti di Counterpoint.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper