Kaleidoskop 2022: Gegap Gempita Investasi Pusat Data di Indonesia

Khadijah Shahnaz Fitra
Senin, 26 Desember 2022 | 19:49 WIB
Ilustrasi data center/Flickr
Ilustrasi data center/Flickr
Bagikan

6. Equinix

Perusahaan infrastruktur digital asal Silicon Valley Amerika Serikat (AS), Equinix Inc baru-baru ini melakukan ekspansi bisnis pusat data dengan membangun International Business Exchange (IBX) di Jakarta.

President Equinix Asia-Pacific Jeremy Deutsch mengatakan, pusat data IBX yang berlokasi di Jakarta akan memperluas pasar dan jaringan bisnis pusat data Equinix yang saling terhubung di seluruh dunia.

Rencananya, IBX akan memiliki kapasitas sebanyak 1.600 kabinet dan lebih dari 5.300 meter persegi ruang colocation di kawasan Central Business District Jakarta yang diperkirakan mulai beroperasi pada paruh kedua 2024 mendatang.

Lebih lanjut, pusat data IBX yang baru akan menyediakan infrastruktur digital dan ekosistem yang dinamis bagi bisnis lokal dan bisnis asing yang beroperasi di Indonesia.

7. BSD City

Emiten properti induk BSD City, PT Bumi Serpong Damai Tbk. (BSDE) menyebut siap jika harus ekspansi ke bisnis pusat data.

Presiden Direktur BSD Franciscus Xaverius Ridwan Darmali mengatakan bahwa bisnis data center memang sedang menjadi perhatian pelaku bisnis. Akibat besarnya potensi pasar berdasarkan platform digital di mana data center menjadi kebutuhan utamanya

Saat ini, dari sisi landbank BSDE memiliki sebanyak 4.650 hektare tanah di sembilan kota utama di Indonesia, dan sebesar 2.300 atau 50 persennya terdapat di BSD City.

8. EDGE DC

PT Ekagrata Data Gemilang (EDGE DC), anak perusahaan penyedia layanan jaringan terkemuka dari PT Indointernet Tbk (Indonet), mengumumkan pembangunan pusat data kedua.

Pusat data bernama EDGE2 ini juga akan berlokasi di pusat kota Jakarta dengan kapasitas hingga 23 MW. EDGE2 menandai ekspansi EDGE DC, menyusul kesuksesan fasilitas data center pertama EDGE1, dan memanfaatkan peluang transformasi digital yang pesat di Indonesia pasca pandemi global.

Fasilitas yang ditargetkan rampung pada kuartal IV/2023 itu akan menawarkan hingga 3.430 kabinet dan beban IT sebesar 23MW, serta didesain untuk menjawab meningkatnya kebutuhan akan aplikasi-aplikasi dengan densitas tinggi dan daya besar dari implementasi hyperscale berbasis cloud, jaringan lokal dan internasional, serta para penyedia jasa keuangan.

9. Amazon Web Service

Amazon Web Services (AWS) berkomitmen untuk membangun dan mengoperasikan Pusat Data di Indonesia - untuk kawasan Asia Pasifik - dengan investasi senilai US$5 miliar atau setara dengan Rp77,8 triliun.

Vice President for Global Public Policy AWS Michael Punke menyampaikan, investasi sebesar US$5 miliar itu dilakukan dalam periode 15 tahun ke depan.

10. Kementerian Komunikasi dan Informatika

Pusat Data Nasional (PDN) yang pertama di Indonesia telah resmi dibangun di Bekasi, Jawa Barat dan pembangunannya ditargetkan rampung pada 2024.

Sebagai informasi, pembangunan PDN pertama di Indonesia berlokasi di kawasan industri Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat dan merupakan kerja sama dengan pemerintah Prancis dengan nilai kontrak 164,6 juta Euro.

Nantinya, pusat data nasional ini akan mengikuti standar internasional Tier-4 dan memiliki kapasitas prosesor 25.000 core, storage 40 petabyte dan memori 200 TB.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan PDN akan dibangun di empat lokasi, yakni Bekasi (Provinsi Jawa Barat), Batam (Provinsi Kepulauan Riau), Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (Provinsi Kalimantan Timur), dan Labuan Bajo (Provinsi Nusa Tenggara Timur).

Di sini [PDN pertama] di Greenland International Industrial Center [GIIC] Deltamas, Bekasi. Ini luas lahannya hampir 5 hektare, sedangkan pusat data kedua direncanakan dibangun di Nongsa Batam, sudah ada juga lahan sekitar 5 hektare di Nongsa," kata Johnny usai acara groundbreaking, Rabu (9/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper