Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Telkom (TLKM) Boyong Investor, Siap Suntik Startup Rp6,19 Triliun!

Telkom (TLKM) mendatangkan investor yang siap untuk menyuntikkan dana ke startup dalam negeri hingga Rp6,19 triliun.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 17 November 2022  |  10:06 WIB
Telkom (TLKM) Boyong Investor, Siap Suntik Startup Rp6,19 Triliun!
Ilustrasi Startup. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) telah mempertemukan ratusan startup nasional dengan jajaran investor, baik lokal maupun internasional, dari berbagai belahan dunia sejak Juli 2022.

Hasilnya, 25 perusahaan rintisan Tanah Air berhasil meraih pendanaan senilai total Rp6,19 triliun (US$399 juta) untuk pendanaan tahap pra-awal (pre-seed) hingga Seri-C.

"Bersamaan dengan event B20 Summit, Telkom mengundang perwakilan investor, investor global, dan startup binaan MDI Ventures untuk menandatangani nota kesepahaman penyaluran investasi tersebut," kata Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah, Rabu (16/11/2022).

Dia memerinci, dari total pendanaan tersebut, mayoritas di antaranya (92,8 persen) merupakan pendanaan Seri lanjutan (A-C), sementara sisanya merupakan pendanaan tahap awal.

Menurut Ririek, hal ini menunjukkan bahwa para investor memiliki kepercayaan tinggi terhadap iklim perkembangan ekonomi digital di Indonesia, dan startup dalam negeri dipercaya memiliki daya saing global dan potensi pasar yang kuat.

“Melalui berbagai inisiatif serta kolaborasi dengan berbagai pihak, sejalan dengan visi B20 Summit, kami mampu memfasilitasi pencapaian pendanaan yang luar biasa bagi para pelaku startup di Indonesia," ujarnya.

Sebagai tambahan, beberapa inisiatif yang telah dilakukan TelkomGroup dalam mendukung rangkaian acara B20 di antaranya:

1. MDI-Telkom Business Match Working 2022, pertemuan online 1-on-1 serta sesi pitching pada 28 Juli 2022 yang mengundang 115 startup, menghadirkan 56 investor lokal dan internasional, dan menghasilkan 261 sesi meeting.

2. Indigo Demo Day 2022, diadakan pada 3 Agustus 2022. Acara ini berisikan talk show dan sesi pitching, yang mengundang 10 startup yang telah mengikuti program inkubasi Telkom untuk bertemu dan 25 investor lokal dan internasional.

3. NXC International Summit 2022, dilaksanakan dari 31 Agustus - 2 September 2022, bekerja sama dengan Nexticorn Foundation. Telkom mengadakan konferensi untuk membahas Web3 dan mempertemukan startup dengan investor. Total terdapat 100 startup dan 16 partisipan Web3, serta lebih dari 100 investor institusi dan 200 investor individu dari 13 negara yang menghadiri 1.600 sesi matchmaking.

4. HUB.ID Summit 2022, diadakan oleh Kominfo dan didukung oleh MDI Ventures. Acara yang berjalan pada 5-6 September 2022 ini mempertemukan 80 startup dari berbagai industri dengan 70 investor dan mitra bisnis yang dapat membantu perkembangan usaha mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp telkom telkom indonesia tlkm
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top