Pengguna iPhone Lebih Cepat Pakai iOS 16 dari iOS 15

Khadijah Shahnaz
Kamis, 15 September 2022 | 14:38 WIB
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Tampilan iOS 16 pada perangkat iPhone/Apple
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apple, produsen teknologi asal Amerika Serikat, baru saja meluncurkan iOS 16 beberapa hari lalu. iOS 16 pun disebut lebih gampang diadopsi pengguna iPhone dibandingkan iOS sebelumnya yaitu iOS 15.

Dilansir dari GSMArena, Kamis (15/9/2022) berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mixpanel, pengguna iPhone lebih cepat mengunduh iOS 16 dalam tiga hari pertama peluncurannya dibandingkan dengan iOS 15 tahun lalu.

Setelah 24 jam pertama dirilis, iOS 16 diadopsi oleh 6,71 persen pengguna iPhone dibandingkan dengan 6,48 persen pengguna yang mengunduh iOS 15 pada hari pertama tersedia. Sementara itu, iOS 14 melihat lebih banyak adopsi di hari pertama, sebesar 9,22 persen di hari pertama.

Setelah tiga hari, iOS 16 mendapatkan adopsi 10,45 persen, iOS 15 memiliki 9,68 persen, dan iOS 14 memiliki 14,68 persen pengguna pada waktu yang sama setelah debut aslinya.

iOS 16 menghadirkan fitur baru kepada pengguna iPhone. Pada iOS ini, Apple akan mengubah tampilan lock screen atau layar kunci dengan berbagai fitur dan widget personalisasi yang ekstensif. Selain itu, terdapat beberapa filter seperti new focus, kunci sandi, shared tab groups, dan fitur menarik lainnya.

Fitur lain yang disertakan dalam iOS 16 yakni pengguna dapat menghapus dan mengedit pesan pada iMessage. iOS 16 juga memperkenalkan iCloud untuk menyimpan foto yang dapat membagi koleksi dengan keluarga.

Ada juga pembaruan pesan dan email yang bisa membantu pengguna tetap terhubung dengan mudah, dan peningkatan yang kuat untuk teks langsung dan pencarian visual.

Selain itu, Apple meningkatkan fitur dictation yang memungkinkan pengguna berpindah dengan lancar antara suara dan sentuhan. Saat menggunakan fitur ini, keyboard tetap terbuka sehingga pengguna bisa sewaktu-waktu bisa mengetik dengan mudah.

Apple turut memberikan Live Text pada video. Pengguna dapat menjeda video pada frame kemudian menyorot teks. Selanjutnya teks yang disorot bisa disalin atau dikonversi mata uang, menerjemahkan teks, dan banyak lagi.

Dalam situs resminya, iOS 16 tak bisa digunakan pada semua jenis iPhone. Sistem operasi baru ini hanya bisa digunakan di iPhone 8 atau lebih baru. Adapun, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone SE generasi pertama harus puas dengan pemakaian iOS 15.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Khadijah Shahnaz
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper