Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Siap- Siap 13 PSE Ini akan Diberikan Teguran Oleh Kominfo

Berdasarkan pantauan Bisnis pada Kamis (28/7/2022), sebanyak 8.572 PSE domestik dan 231 PSE Asing sudah mendaftar.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  09:04 WIB
Siap- Siap 13 PSE Ini akan Diberikan Teguran Oleh Kominfo
Logo Paypal - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, SIDOARJO - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menetapkan batas waktu pendaftaran untuk Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat baik lokal maupun asing pada tanggal 27 Juli atau kemarin. Beberapa PSE terkenal seperti Paypal dan Yahoo sampai hari ini (28/7/2022), masih tidak terdaftar laman pse.kominfo.go.id.

Berdasarkan pantauan Bisnis pada Kamis (28/7/2022) pada 07.35 , Roblox dan Opera sudah terdaftar ke dalam daftar di laman pse.kominfo.go.id. Sampai saat ini 8.572 PSE domestik dan 231 PSE Asing sudah mendaftar.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani mengatakan ari jumlah yang direkap pada Kamis,(21/7/2022) masih terdapat beberapa PSE populer yang belum mendaftar.

Dia mengatakan dari platform gim, ada 7 PSE yang masih belum mendaftar ke Kemenkominfo. Selain platform gim, Kominfo juga mencatat ada 6 PSE lainnya yang masih belum mendaftar.

“Bagi mereka-mereka (PSE) yang tidak mendaftarkan per deadline yang telah ditetapkan, kita kirimkan surat peringatan untuk segera melengkapi dengan batas waktu yang kita sepakati yaitu lima hari kerja,” ujar Semuel secara virtual, Minggu (24/7/2022).

Semuel menilai beberapa kendala yang dialami PSE Lingkup Privat selama pendaftaran antara lain disebabkan dari dukungan dokumen administrasi atau kendala saat menggunakan sistem pendaftaran melalui OSS (One Single Submission).

“Mayoritas kendala yang belum mendaftar PSE, ada dua hal yaitu bisa terjadi kendala di sisi internal platform untuk dokumentasi atau administrasi legal dan bisa juga kendala di sistem,” jelasnya.

Berikut ini daftar PSE populer yang belum mendaftar ke Kominfo:

1. LinkedIn

2. PayPal

3. Amazon.com

4. Alibaba.com

5. Yahoo

6. Bing

7. Steam

8.Epic Game

9.Battle.net

10.Origin

11.Counter Strike

12.Dota

13.Global Offensive.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : Kahfi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top