XL Axiata Fokus Bidik Pelanggan Produktif

Rahmi Yati
Selasa, 22 Februari 2022 | 16:50 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) fokus meningkatkan pelanggan produktif kendati terjadi penurunan jumlah pelanggan prabayar sebanyak 150.000 pelanggan pada 2021.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan selama lima tahun terakhir ini, perusahaan lebih fokus pada pencapaian peningkatan profitablilitas dengan lebih menyasar pada upaya meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga meraih pelanggan yang lebih berkualitas/produktif.

Adapun, pelanggan produktif yang dimaksud adalah mereka yang lebih aktif menggunakan produk dan layanan data yang disediakan XL Axiata.

"Untuk jumlah pelanggan secara keseluruhan masih relatif stabil dibandingkan dengan jumlah pelanggan pada periode tahun sebelumnya [YoY]," kata Ayu, Selasa (22/2/2022).

Berdasarkan laporan Corporate Presentation 2021, pada 2020 tercatat sebanyak 56.740.000 pelanggan prabayar XL Axiata. Sementara itu pada 2021 jumlahnya turun menjadi 56.590.000 pelanggan.

Lebih lanjut dia menuturkan, meningkatnya biaya pemasaran tersebut merupakan dampak dari aktivitas penjualan yang gencar dilakukan perusahaan terutama di periode kuartal IV/2021 untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan.

Alhasil, sambung Ayu, PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp26,8 triliun dengan laba bersih sebesar Rp1,3 triliun pada 2021.

"Bahkan XL Axita telah membelanjakan capex yang lebih besar di 2021 untuk meningkatkan kualitas jaringan serta meningkatkan digitalisasi guna menghadirkan customer experience yang terbaik. Hal ini juga terbukti bahwa penggunaan aplikasi myXL & AXISnet mengalami peningkatan 3,5x dalam pengguna aktif bulanan sejak awal pandemi," ucap Ayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper