LAPORAN DARI INDIA: Confluent Luncurkan Flink di Kafka Summit 2024

Anggara Pernando
Jumat, 3 Mei 2024 | 12:04 WIB
Confluent resmi meluncurkan Flink di Kafka Summit 2024 di Bangalore, India./Istimewa
Confluent resmi meluncurkan Flink di Kafka Summit 2024 di Bangalore, India./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, Bangalore-India – Perusahaan teknologi data streaming, Confluent meluncurkan Apache Flik dalam Kafka Summit 2024 di Bangalore, India. 

“Apache Kafka dan Flink adalah penghubung penting untuk mendorong machine learning dan artificial intelegent (AI) dengan data yang paling tepat waktu dan akurat,” ujar Shaun Clowes, Chief Product Officer Confluent di Bangalore, Kamis (2/5/2024).

Flink adalah AI Model Inference yang memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah memasukkan machine learning ke dalam pipeline data. Pengembangan teknologi ini memungkinkan pemrosesan streaming menggunakan teknologi Flink untuk skala kecil maupun hibrida. Dalam kesempatan yang sama Confluent juga meluncurkan clusters Freight, jenis cluster baru untuk Confluent Cloud yang memungkinkan dilakukan penghematan biaya untuk menangani penggunaan bervolume besar yang tidak sensitif terhadap waktu, seperti data logging atau telemetri.

“Inferensi Model AI Confluent menghilangkan kerumitan yang ada saat menggunakan data streaming untuk pengembangan AI dengan memungkinkan organisasi berinovasi lebih cepat dan memberikan pengalaman pelanggan yang kuat,” ujar Shaun

Menurut dia, developer sering kali harus menggunakan beberapa program untuk bekerja dengan model AI dan jalur pemrosesan data. Akibatnya, beban kerja menjadi kompleks dan terfragmentasi.

Dampak lainnya, developer kesulitan memanfaatkan data terbaru yang relevan untuk pengambilan Keputusan. Kondisi yang memungkinkan terjadinya kesalahan atau inkonsistensi layanan berbasis AI. Dengan kata lain, pengembangan teknologi berbasis Kafka yang dikembangkan oleh Confluent memungkinkan perusahaan untuk menyederhanakan pengembangan AI dengan menggunakan SQL syntax yang sudah dikenal sehingga mengurangi kebutuhan akan alat dan bahasa khusus.

Selanjutnya menetapkan koordinasi antara pemrosesan data dan alur kerja AI untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kompleksitas operasional. Serta memungkinkan pengambilan keputusan berbasis AI yang akurat dan real-time dengan memanfaatkan data streaming kontekstual yang baru.

Mayank Juneja, Product Manager Confluent menyebukan Kafka dan Flik membuat Perusahaan menghapus hambatan, meningkatkan konsistensi data, dan memudahkan mendistribusikan data real time.

Menurutnya, pengembangan Flink telah dilakukan sejak 2023 lalu. Pada pertengahan tahun yang sama dilakukan uji coba terbatas. “Hari ini setelah terintegrasi penuh [Flink] diluncurkan, satu kali klik maka dapat digunakan dalam semua aplikasi berbasis cloud,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Anggara Pernando
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper