Confluent Tantang Developer Tanah Air Manfaatkan Teknologi Data Streaming

Anggara Pernando
Senin, 6 Mei 2024 | 07:29 WIB
Confluent resmi meluncurkan Flink di Kafka Summit 2024 di Bangalore, India./Istimewa
Confluent resmi meluncurkan Flink di Kafka Summit 2024 di Bangalore, India./Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –– Confluent mendorong para developer muda di Indonesia untuk memperdalam teknologi open source Apache Kafka.    

Rully Moulany, Area Vice President Asia Confluen menurutkan  Apache Kafka merupakan pengembangan terbaru dalam pengelolaan data. Dengan teknologi open source ini, developer dapat mengadopsi arsitektur data streaming guna membangun layanan perangkat lunak khusus yang menyimpan dan memproses data dalam jumlah besar sesuai dengan kebutuhan khusus industri atau model bisnis mereka.

"Ketika diterapkan dalam suatu wilayah, penggunaan teknologi ini akan memberikan keunikan tersendiri," ungkap Rully di sela Kafka Summit 2024 di Bangalore pekan lalu via aplikasi Zoom. 

Menurutnya, data streaming merupakan perkembangan terbaru dalam teknologi internet. Proses data streaming ini digunakan misalnya oleh sektor keuangan untuk transaksi real time, industri migas dalam sensor produksi, pabrik canggih berbasis sensor, hingga layanan  Over-The-Top (OTT) alias platform streaming. 

Menurutnya, dengan teknologi streaming yang berkembang, maka anak muda di Tanah Air dapat memperkuat pengetahuannya tentang Apache Kafka sehingga dapat melahirkan solusi transformasi di Tanah Air melalui penggunaan platform data streaming. Apalagi melalui platform ini, Rully menyebutkan akan membuka banyak peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.

Menurut data Forecaster, platform Kafka menjadi trend baru dalam membangun infrastruktur data streaming.

"Kafka hadir di seluruh dunia, dengan 30% pengguna berada di Asia, di mana India menjadi yang terbesar kedua setelah AS," jelas Rully.

Dia juga menjelaskan Indonesia  dan Singapura kini juga terus berkembang dalam adopsi teknologi ini. Indonesia ditopang ukuran pasar dan populasi yang besar serta tingkat keterampilan digital yang tinggi, sementara Singapura dianggap sebagai basis adopsi teknologi kawasan dan menjadi hub finansial global.

"[Di Indonesia] Kami melakukan investasi besar-besaran pada sumber daya manusia, dengan membuka peluang kerja, pelatihan, dan membentuk ekosistem yang mendukung perkembangan teknologi ini," tambahnya.

Menurutnya Confluent sebagai salah satu penyedia platform data streaming, telah masuk ke Indonesia selama 3 tahun terakhir guna meningkatkan adopsi teknologi ini. Menurutnya, selain menggunakan Kafka, perusahaan juga memberi peningkatan perlindungan, keamanan, dan efisiensi bagi penggunanya.

Dengan adanya inovasi dalam bidang data streaming ini, diharapkan perusahaan-perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional mereka dan beradaptasi dengan perubahan pasar secara lebih cepat dan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Anggara Pernando
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper