Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Huawei Resmi Rilis MateBook D14 & D15, Cek Spesifikasi dan Harga

Huawei resmi meluncurkan laptop MateBook D14 dan MateBook D15 lantaran potensi pasar pekerja yang besar di Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 26 Agustus 2021  |  11:46 WIB
Tampilan Huawei Matebook D15. - Dok. Huawei
Tampilan Huawei Matebook D15. - Dok. Huawei

Bisnis.com, JAKARTA – Perusaan elektronik, Huawei resmi meluncurkan laptop kelas atas (flagship) MateBook D14 dan MateBook D15 di Indonesia yang menyasar pekerja yang bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Country Head Huawei CBG Indonesia Patrick Ru mengatakan alasan perusahaan merilis produk tersebut lantaran potensi pasar pekerja yang besar di Indonesia.

Berdasarkan data Hootsuite pada 2021, terdapat 202,6 juta pengguna internet di Indonesia dan 74,7 persen di antaranya menggunakan laptop atau komputer desktop.

"Saat ini konsumen lebih sadar akan manfaat yang ingin mereka terima dari gawai yang digunakan sehari-hari untuk kebutuhan bekerja di rumah. " katanya lewat rilisnya, Kamis (26/8/2021).

Lebih lanjut, dia menjelaskan laptop MateBook D14 dan D15 menawarkan spesifikasi dan tampilan yang mirip. Pembedanya hanya pada ukuran layarnya saja. MateBook D14 mengusung layar 14 inch, sementara MateBook D15 punya layar 15,6 inch.

"Bezel MateBook D14 dan D15 tipis yang membuat rasio screen to body mencapai 87 persen,” katanya.

Selain itu, kedua laptop ini menawarkan body yang ringan untuk menunjang mobilitas penggunanya. MateBook D14 punya bobot 1,38 kg, sementara MateBook D15 memiliki berat 1,53 kg.

Beralih ke dapur pacunya, Huawei menyandingkan prosesor Intel Core i3 dengan RAM 8 GB. Memori internalnya berupa SSD berkapasitas 256 GB.

Adapun, lantaran ditujukan untuk pekerja dengan kebutuhan meeting daring, laptop ini turut menghadirkan kamera 1 MP dengan resolusi 720P. Uniknya, kamera ini dibuat tersembunyi di bagian papan ketik (keyboard) sehingga pengguna dapat dengan mudah membukanya ketika hendak digunakan.

Huawei turut menyertakan fitur Multi-Screen Collaboration. Tidak hanya ke ponsel pintar, fitur ini dapat digunakan pada tablet Huawei asalkan sudah menjalankan Harmony OS.

Hal ini dilakukan agar saat terhubung, pengguna akan mendapati tiga mode penggunaan, yakni Mirror, Extend dan Collborate.

Selain itu, laptop MateBook D14 dan D15 memiliki port USB Type C untuk mengisi ulang baterai. Chargernya sendiri dibuat portable sehingga mudah dibawa.

Untuk kebutuhan baterai, MateBook D14 diklaim dapat bertahan hingga 13 jam untuk penggunaan normal, sementara MateBook yang menggunakan layar yang lebih besar dapat digunakan hingga 8 jam.

Melengkapi laptopnya, Huawei menyematkan sistem pendingin Shark Fin Fan 2.0 yang lebih baik dan output udara yang lebih besar. Untuk koneksinya diberikan dukungan WiFi 6 dan meningkatkan keamananya diberikan sensor fingerprint yang menyatu dengan tombol power.

Huawei pun memakai full dengan rasio screen-to-body tinggi. Rasio pada MateBook D14 84%, sementara MateBook D15 juga dilengkapi sertifikat TÜV Rheinland untuk emisi cahaya biru yang rendah.

Konsumen bisa membeli laptop Huawei MateBook D15 di Shopee, Tokopedia, JD.ID , Blibli, Eraspace. Dapat juga dibeli secara offline melalui Huawei Experience Store (HES), toko erafone, eraspace, dan Urban Republic seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk Huawei MateBook D14 konsumen bisa memesannya secara pre order selama 1—12 September di Huawei Official Store di JD.ID, Shopee, dan Blibli. Huawei membanderol MateBook D15 Rp8.999.000 dan MateBook D14 Rp9.999.999.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget huawei
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top