Cara Membedakan iPhone Original dan Palsu (HDC)

Hesti Puji Lestari
Jumat, 26 April 2024 | 13:00 WIB
Cara membedakan iPhone original dengan iPhone palsu mulai dari fisik dan jeroannya. - Bloomberg/Gabby Jones
Cara membedakan iPhone original dengan iPhone palsu mulai dari fisik dan jeroannya. - Bloomberg/Gabby Jones
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat hendak membeli iphone dalam keadaan bekas, Anda wajib ekstra hati-hati agar terhindar dari segala penipuan iPhone palsu atau KW. Anda bisa cek keaslian iPhone secara mandiri dengan memperhatikan beberapa hal. Berikut cara membedakan iPhone asli dan palsu atau KW dengan mudah, Anda bisa cek fisik dan jeroannya.

Secara sekilas fisik dari iPhone original dan iPhone palsu hampir sama, namun jika dilihat secara teliti keduanya memiliki perbedaan. Melakukan pengecekan antara iPhone original dan palsu bisa dilakukan secara mandiri dengan memperhatikan beberapa detail berikut.

Tak dapat dipungkiri bahwa iPhone sangat disukai karena fitur-fiturnya yang eksklusif dan desainnya yang penuh gaya, menjadikannya pilihan populer secara global. Mengacu pada alasan ini, banyak orang memilih iPhone untuk menjadi perangkat pintar yang membantu mobilitasnya.

Meski demikian, pasar dibanjiri produk palsu sehingga sulit membedakan iPhone asli dan palsu. Hal ini merupakan kekhawatiran yang signifikan, terutama ketika membeli ponsel pintar secara online.

Bisnis telah merangkum cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk membedakan iPhone palsu dan asli.

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu dengan Mudah

1. Cek kotaknya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan cara cek kotaknya. Cetakan, warna, dan tampilan keseluruhan kotak iPhone berkualitas super tinggi, sedangkan kotak palsu kualitasnya agak rendah. Jika kotak iPhone memiliki kualitas warna dan cetakan yang kurang jelas, Anda perlu berhati-hati dan melakukan crosscheck di poin kedua.

Balikkan kotak iPhone Anda ke samping dan amati kata iPhone yang tercetak di sampingnya. Biasanya, kardus iPhone palsu akan mencetak tulisan "iPhone" dengan warna yang lebih unggu.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek teks yang berada di kotak belakang iPhone. Meskipun oknum pembuat iPhone palsu ini telah menyalin semuanya, namun Anda dapat mengamati beberapa teks di bagian belakang yang dengan jelas menunjukkan kepalsuan perangkat tersebut.

Cetakan teks, warna dan beberapa hal lainnya yang kurang berkualitas seharusnya sudah membuat Anda curiga bahwa itu bukan iPhone asli. Apple selalu memprioritaskan pengalaman pengguna, dan hal yang sama juga dilakukan untuk pengalaman membuka kotak. 

Setiap kali Anda membuka suatu produk, pengalaman unboxing sangatlah penting. Apple telah menghitung jumlah waktu yang diperlukan bagi Anda untuk membuka kotaknya. 

Kotak iPhone palsu dapat dibuka dengan mudah, namun kotak iPhone asli akan terbuka secara perlahan.

2 Periksa nomor IMEI

Jika Anda belum tahu, IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. 

Ini adalah nomor identifikasi unik yang ditetapkan untuk setiap perangkat seluler, termasuk ponsel cerdas. Nomor IMEI adalah kode 15 digit yang merupakan pengenal berbeda untuk ponsel tertentu. 

Jaringan seluler menggunakannya untuk mengautentikasi perangkat di jaringannya. Operator telepon dan produsen berkolaborasi dengan berbagi nomor IMEI untuk memfasilitasi pelacakan ponsel cerdas yang dapat dicuri atau disusupi.

Memverifikasi nomor IMEI adalah cara sederhana untuk mengonfirmasi keaslian iPhone tanpa perlu membuka kotaknya. iPhone Apple asli selalu dilengkapi dengan nomor IMEI. 

Jika ponsel tidak memiliki pengenal unik ini, kemungkinan besar ponsel tersebut palsu.

Cara cek nomor IMEI iPhone asli atau palsu:

  • Mulailah dengan mencari nomor IMEI pada kemasan ponsel
  • Setelah itu, kunjungi https://checkcoverage.apple.com menggunakan browser web apa pun
  • Masukkan nomor IMEI yang Anda lihat ke dalam kotak Nomor seri
  • Lengkapi captcha, lalu klik Kirim
  • Ini akan menampilkan rincian telepon
  • Jika tidak ada informasi yang ditampilkan, kemungkinan besar ponsel tersebut palsu.

3. Verifikasi Keaslian iPhone Melalui App Store

Cara lain untuk memverifikasi keaslian iPhone Anda adalah dengan membuka App Store di iPhone Anda.

Di iPhone palsu tidak akan ada App Store asli karena App Store khusus untuk perangkat iOS. Di perangkat palsu, saat Anda membuka App Store, Anda akan dibawa ke Android atau Google Play Store acak.

4. Verifikasi iOS

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk cek apakah iPhone Anda asli atau palsu adalah dengan melakukan verifikasi iOS.

Caranya yakni dengan klik Pengaturan   Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Selain itu, selama pengaturan iPhone asli, Anda akan diminta untuk membuat ID Apple. Jika pengaturannya meminta akun Google atau yang lainnya, kemungkinan besar iPhone tersebut palsu.

4. Aktifkan Siri

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk cek iPhone Anda asli atau palsu adalah dengan mengaktifkan Siri.

Siri adalah teknologi unik Apple yang tidak bisa digunakan oleh pembuat iPhone palsu. Mereka sering menggantinya dengan Google Assistant, Amazon Alexa, atau asisten suara lainnya. 

Coba aktifkan Siri dengan menekan lama tombol daya untuk memeriksa apakah iPhone Anda asli. Jika Siri tidak muncul, kemungkinan besar iPhone tersebut tidak asli.

5. Periksa Aplikasi Sistem

IPhone memiliki App Store sendiri khusus untuk aplikasi iOS. Untuk memeriksa apakah ponsel Anda asli, coba buka. Jika Anda melihat Google Play Store, iPhone tersebut tidak asli.

Selain itu, Apple menyertakan aplikasi sistem penting seperti Safari, Kesehatan, Musik, Kompas, Kalkulator, dll., yang tidak dapat dihapus. Oleh karena itu, jika salah satu aplikasi ini hilang, ponsel tersebut mungkin sudah di-jailbreak atau palsu.

Jika Anda menemukan aplikasi asli masih hilang, Anda dapat memulihkan firmware asli dengan beralih ke mode DFU dan menginstal ulang sistem operasi. Tidak adanya aplikasi asli sangat menunjukkan bahwa iPhone Anda mungkin palsu.

6. Cek kamera

Kamera iPhone akan menampilkan notifikasi berwarna oranye apabila Anda membuka kameranya. Jika iPhone yang Anda miliki tidak menampilkan ini, ada kemungkinan iPhone Anda palsu.

Ciri-ciri iPhone Palsu atau HDC

  • Tidak Memiliki App Store: iPhone palsu umumnya tidak memiliki fitur App Store. Sebaliknya, mereka mungkin menggunakan Google Play Store milik Android yang dikustomisasi agar terlihat mirip.
  • Kualitas Layar yang Buruk: Layar pada iPhone palsu sering kali memiliki kualitas yang buruk, seperti resolusi rendah atau warna yang kurang akurat. Periksa ketajaman, kecerahan, dan reproduksi warna layar untuk mendeteksi kemungkinan perbedaan.
  • Bezel yang Tebal: Bezel pada iPhone palsu cenderung agak tebal, meskipun perangkat tersebut mungkin menggunakan layar OLED. Perhatikan bezel perangkat saat melakukan pemeriksaan fisik.
  • Tidak Terhubung dengan iTunes: iPhone asli biasanya terhubung dengan iTunes untuk sinkronisasi dan manajemen data. Jika iPhone tidak terdeteksi oleh iTunes atau tidak memiliki koneksi dengan layanan ini, kemungkinan besar itu palsu
  • Harga yang Terlalu Murah: iPhone palsu sering ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasar resmi. Harga yang terlalu rendah bisa menjadi indikator bahwa itu adalah iPhone palsu atau replika.

Demikian informasi lengkap mengenai cara membedakan iPhone original dan iPhone palsu atau HDC lengkap dengan ciri-cirinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper