Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dicari! Sukarelawan yang Mau Tinggal di Planet Mars Selama Setahun, Berminat Ikut?

NASA juga akan mempertimbangkan kandidat yang telah menyelesaikan program doktor di STEM dua tahun atau telah menyelesaikan gelar medis atau program uji coba.
Ayyubi Kholid Saifullah
Ayyubi Kholid Saifullah - Bisnis.com 10 Agustus 2021  |  15:41 WIB
Terra Meridiani  di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA - Reuters
Terra Meridiani di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA - Reuters

Bisnis.com - JAKARTA - Badan luar angkasa Amerika Serikat NASA sedang mencari relawan untuk menjalankan misinya, yakni mencoba merasakan tinggal di dalam habitat planet mars yang disimulasikan oleh NASA.

Mengutip Phys, selasa (10/8/2021) misi simulasi tinggal di Mars yang disebut Crew Health and Performance Exploration Analog (CHAPEA) ini nantinya berlangsung selama setahun.

Tujuan dari misi tersebut, dengan menciptakan habitat yang sama seperti planet Mars, sehingga dapat mengupayakan pemahaman tentang kelangsungan hidup di Mars.

Grace Douglas, ilmuwan utama Teknologi Pangan Lanjutan NASA, mengatakan analogi ini sangat penting untuk menguji solusi untuk memenuhi kebutuhan kompleks kehidupan di permukaan Mars.

"Simulasi di Bumi akan membantu kita memahami dan melawan tantangan fisik dan mental yang akan dihadapi astronot sebelum mereka pergi." ujarnya.

Habitat yang dinamai Mars Dune Alpha memiliki luas 160 meter persegi. dibangun oleh perusahaan ICON yang berbasis di Texas dengan menggunakan printer 3D. modul dari habitat tersebut dirakit di dalam gedung Jhonson Space Center di Houston, Amerika Serikat. Modul ini akan terdiri dari ruang pribadi, dua kamar mandi, dapur, gym, dan ruang untuk bercocok tanam.

Relawan yang akan dibayar untuk mengerjakan simulasi tersebut memiliki misi eksplorasi Mars, mulai dari spacewalks, komunikasi terbatas, makanan dan sumber daya terbatas serta menangani kerusakan peralatan.

Demi menemukan relawan tersebut, NASA akan melakukan tiga eksperimen bagi para relawan yang mencoba hidup di habitat planet buatan Mars, yang rencananya akan dimulai musim gugur tahun depan

NASA memberikan persyaratan yang ketat untuk para relawan. Kandidat yang ingin mencoba tinggal di Mars buatan harus berusia 30 hingga 55 tahun dan memiliki gelar master di bidang sains, teknik atau matematika, atau memiliki pengalaman menjadi pilot dan setidak nya memiliki dua tahun pengalaman.

Fisik kandidat yang ingin menjadi relawan dalam simulasi hidup di Mars juga harus kuat dan tidak mudah mabuk dalam perjalanan. Kandidat juga harus memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik dan memiliki keterampilan komunikasi yang efektif.

NASA juga akan mempertimbangkan kandidat yang telah menyelesaikan program doktor di STEM dua tahun atau telah menyelesaikan gelar medis atau program uji coba.

"Selain itu, pelamar dengan empat tahun pengalaman profesional dapat mempertimbangkan untuk menyelesaikan pelatihan perwira militer atau gelar Bachelor of Science di STEM." tambah NASA.

Finalis juga harus menjalani pemeriksaan medis dan psikologis yang ketat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa planet mars
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top