Biznet Siap Bangun Pusat Data Edge di Kota Besar

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 16 Juli 2021 | 12:38 WIB
Biznet/Ilustrasi
Biznet/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Biznet Data Center terus mengebut pembangunan pusat data skala kecil atau edge di beberapa kota. Rencananya pembangunan pusat data tersebut rampung pada tahun ini.

CEO Biznet Gio & Direktur Biznet Data Center Dondy Bappedyanto mengatakan perseroan telah berencana membangun komputasi Edge sejak beberapa tahun lalu.

Langkah tersebut merupakan bentuk komitmen Biznet Data Center untuk mendukung pemerataan dan percepatan akses informasi dengan menurunkan latensi akses data di Indonesia.

Pada tahun ini beberapa pusat data edge akan selesai dibangun. Sayangnya, Dondy tidak menjelaskan letak dan jumlah pusat data edge tersebut.

“Beberapa kota besar di Indonesia akan jadi zona awal pembangunan, dan layanan ini kami rencanakan sudah rampung di akhir tahun,” kata Dondy kepada Bisnis.com, Jumat (16/7/2021).

Dondy menjelaskan untuk saat ini belum banyak penyedia komputasi Edge di Indonesia.

Untuk mengembangkan ke layanan komputasi Edge, penyedia harus mempunyai jaringan dan interkoneksi yang sangat banyak, yang memungkinkan jalur komunikasi dari pusat data skala kecil (Edge) ke pusat data skala besar atau hiper skala (Hyperscale) berjalan tanpa hambatan.

Dia menuturkan makin tingginya lalu lintas konten ke daerah, akan mengurangi beban lalu lintas yang ke pusat sehingga berdampak langsung pada efisiensi dan performa dari layanan bisnis pengguna Edge.

“Jaringan yang kuat, investasi yang serius dan alokasi sumber daya pada saat implementasi, serta linimasa yang harus dikejar terkait pengembalian investasi [RoI] menjadi tantangan untuk pembangunan komputasi awan edge,” kata Dondy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper