Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apple Rilis macOS 11.3, Ada Pembaruan Patch Keamanan dan Emoji Baru

Apple merilis sistem operasi terbaru dalam produk mereka, macOS 11.3 bersamaan dengan sistem operasi iOS 14.5.
Laurensia Felise
Laurensia Felise - Bisnis.com 27 April 2021  |  12:33 WIB
Logo Apple. Secara sistem, anti-malware buatan Apple bisa melindungi dari bahaya malware.   - Bloomberg
Logo Apple. Secara sistem, anti-malware buatan Apple bisa melindungi dari bahaya malware. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Apple merilis sistem operasi terbaru dalam produk mereka, macOS 11.3 bersamaan dengan sistem operasi iOS 14.5.

Dilansir dari The Verge, Selasa (27/04/2021), pembaharuan ini dianggap merupakan sesuatu yang baik karena tidak hanya meningkatan kualitas sistem operasi untuk aplikasi iPhone dan iPad dalam Mac M1 beserta dengan Apple Music dan Podcast, tetapi juga membenarkan adanya kelemahan keamanan mayor.

Kelemahan keamanan yang dimaksud adalah kerentanan yang memungkinkan adanya malware yang masuk sistem perlindungan bawaan macOS seperti File Quarantine dan dialog pembuka dari aplikasi GateKeeper.

Meski sebenarnya secara sistem anti-malware buatan Apple bisa melindungi dari bahaya ini, perusahaan perangkat lunak Jamf menemukan bahwa kelemahan keamanan ini sedang dieksploitasi oleh para penyerang siber.

Selain itu, pembaharuan dalam perbaikan sistem keamanan ini juga dirincikan, dan disertakan dalam halaman pembaharuan keamanannya. Tidak hanya untuk macOS 11.3, pembaharuan juga berlaku pada macOS Catalina dan macOS Mojave bagi mereka yang belum memperbaharuinya ke macOS Big Sur.

Pembaharuan lain yang juga dilakukan pada sistem terbaru kali ini adalah pembaharuan pada kemampuan mengatur ukuran jendela aplikasi iPhone dan iPad pada Mac M1. Ada pun tambahannya adalah adanya dukungan pada keyboard, mouse, dan trackpad untuk gim yang mendukung adanya alat pengontrol.

Sementara itu di dalam Apple Music, pembaharuan dilakukan dengan adanya fitur autoplay di mana nantinya aplikasi Apple Music akan mengulang lagu yang mirip dengan lagu sebelumnya ketika diaktifkan.

Di sisi lain, pembaharuan pada News and Podcast dilakukan pada bagian halaman utama yang telah didesain ulang agar pengguna mudah menggunakannya.

Lalu untuk pembaharuan pada iOS 14.5, sistem operasi diperbaharui degan kemampuan mendeteksi AirTags dengan aplikasi Find My, adanya emoji dan suara asisten Siri terbaru, dan dukungan untuk perangkat pengontrol gim Xbox Series X dan Xbox Series S serta PlayStatin 5 DualSense.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple sistem operasi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top