Besok, 12 November 2020 Apple Akhirnya Rilis macOS 11.0 'Big Sur'

Rezha Hadyan
Rabu, 11 November 2020 | 09:30 WIB
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS/ Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar mengenai perilisan macOS terbaru akhirnya terungkap. Apple menyatakan akan merilis macOS 11.0 yang dijuluki Big Sur pada 12 November 2020.

Seperti diketahui, perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu pertama kali mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya pada konferensi pengembangnya pada  Juni 2020 dan merilis versi beta publiknya pada Agustus 2020

Melansir The Verge pada Rabu (11/11/2020), macOS 11.0 akan menjadi macOS pertama yang mendukung chip laptop M1 Apple yang baru. Setelah Anda mengunduh pembaruan baru dan gratis, kemungkinan besar Anda akan segera melihat perubahan desain dan estetika, banyak yang diambil dari iOS.

Pertama, Big Sur hadir dengan Pusat Kontrol yang dapat disesuaikan di mana Anda dapat mengubah kecerahan, Jangan Ganggu, dan pengaturan lain pilihan Anda. Penyesuaian juga mencakup pusat notifikasi baru yang akan menyimpan semua notifikasi dan widget Anda juga didesain ulang dan tersedia di App Store dalam satu kolom, mengurutkan notifikasi yang paling baru, dan mengelompokkan notifikasi terkait.

Kedua antarmuka tersebut tembus cahaya, sama seperti iOS. Perubahan lainnya termasuk bilah menu yang lebih tinggi, perubahan warna font berdasarkan latar belakang desktop, dan jendela yang lebih transparan.

Beberapa aplikasi, seperti Mail dan Foto, juga menerima pembaruan desain, dan versi baru Maps untuk Mac dikirimkan bersama OS. Pembaruan tersebut menampilkan Panduan khusus, tampilan lokasi 360 derajat, petunjuk arah sepeda dan kendaraan listrik yang dapat Anda kirim langsung ke iPhone, pembaruan langsung untuk waktu kedatangan bersama, zona kemacetan, dan peta dalam ruangan.

Selain perubahan desain, Big Sur menyertakan fitur yang berfokus pada privasi, seperti pembaruan pada Safari yang disebut Laporan Privasi yang mencantumkan pelacak lintas situs yang diblokir browser selama 30 hari terakhir, serta alat pemantauan kata sandi yang digunakan Safari untuk membantu.

App Store Big Sur sekarang juga akan menyertakan jenis data yang mungkin dikumpulkan aplikasi dan apakah data tersebut dibagikan dengan pihak ketiga untuk dilacak.

Terakhir, Apple juga mengatakan layar Mac akan langsung menyala saat dibuka, mirip dengan cara iPhone menyala saat diangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper