Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waduh, Malware Menyusup jadi Update Adobe Flash Player di MacOS

Apple menyetujui aplikasi berisi kode yang digunakan oleh malware terkenal bernama Shlayer.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 01 September 2020  |  09:55 WIB
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS -  Bloomberg
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda pengguna perangkat komputer besutan Apple harap berhati-hati. Pasalnya, Apple secara tidak sengaja telah menyetujui malware umum yang menyamar sebagai pembaruan untuk Adobe Flash Player agar berjalan di MacOS.

Melansir The Verge pada Selasa (1/9/2020), peneliti keamanan siber Patrick Wardle mengatakan bahwa Apple menyetujui aplikasi berisi kode yang digunakan oleh malware terkenal bernama Shlayer.

Shlayer adalah pengunduh trojan yang menyebar melalui aplikasi palsu, membombardir pengguna dengan masuknya adware. Menurut perusahaan keamanan siber dan anti-virus Kaspersky, Shlayer adalah ancaman paling umum bagi MacOS.

Wardle mengatakan ini adalah pertama kalinya dia mengetahui bahwa Apple secara keliru membuat notaris malware setelah debut proses notaris barunya.

Apple mengumumkan proses notaris macOS pada tahun 2019, mengharuskan setiap aplikasi untuk ditinjau oleh Apple dan ditandatangani oleh pengembang sebelum dapat berjalan di macOS, meskipun mereka didistribusikan di luar Mac App Store.

Setelah menemukan malware tersebut, Wardle menghubungi Apple dan perusahaan tersebut menonaktifkan akun pengembang yang terkait dengan aplikasi tersebut dan mencabut sertifikasinya

 Para penyerang dilaporkan berhasil menyahkan malware lagi, tetapi Apple mengatakan kepada TechCrunch bahwa malware lama dan baru telah dicabut notarisasinya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple malware virus
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top