Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NASA Rilis Foto HD di Planet Mars, Begini Penampakannya. Lebih Jelas dan Jernih

Foto panorama 360 derajat yang terdiri dari 142 gambar di Kawah Jezero itu lebih mencolok dan detail. Bahkan kita bisa melihat tepi yang sangat jauh dan dasar dari kawah Jezero, delta sungai yang diprediksi sempat dialiri air.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 26 Februari 2021  |  12:54 WIB
Planet Mars dari foto HD NASA
Planet Mars dari foto HD NASA

Bisnis.com, JAKARTA - Mobil robotik NASA Perseverance membagikan foto dengan resolusi tinggi pasca mendarat di Planet Mars. Foto ini diambil menggunakan kamera Mastcam-Z. 

Foto panorama 360 derajat yang terdiri dari 142 gambar di Kawah Jezero itu lebih mencolok dan detail. Bahkan kita bisa melihat tepi yang sangat jauh dan dasar dari kawah Jezero, delta sungai yang diprediksi sempat dialiri air. 

Foto panorama baru ini dapat diperbesar atau diperkecil, sehingga Anda dapat memeriksa fitur tersebut dan fitur lainnya di kamera bagian depan, termasuk bebatuan berlubang yang aneh dari dekat dalam versi resolusi penuh.

Pejabat NASA menerangkan seperti namanya, Mastcam-Z merupakan kamera dengan tiang tinggi yang tampak seperti kepala Perseverance. Sistem ini terdiri dari dua kamera yang dapat diperbesar dan dapat menyelesaikan fitur sekecil 0,1 hingga 0,2 inci (3 hingga 5 milimeter) di dekat rover dan 6,5 hingga 10 kaki (2 hingga 3 meter) di kejauhan.

Mastcam-Z mirip dengan sistem Mastcam pada pendahulunya Perserverance, Curiosity rover, yang mendarat di dalam Kawah Gale Mars pada Agustus 2012. Tapi Mastcam-Z lebih mumpuni. Misalnya, Mastcam Curiosity tidak dapat memperbesar.

Tim Perseverance baru saja mulai memeriksa lokasi pendaratan. Tapi foto-foto awal penjelajah menunjukkan lanskap yang terlihat mirip dengan yang dijelajahi oleh penjelajah Mars NASA lainnya.

"Kami berada tepat di sweet spot, di mana Anda dapat melihat fitur berbeda yang serupa dalam banyak hal dengan fitur yang ditemukan oleh Spirit, Opportunity, dan Curiosity di lokasi pendaratan mereka," ujar peneliti utama Mastcam-Z Jim Bell dari Arizona State University's dikutip dari Live Science, Jumat (26/2/2021).

Pada sore hari ini waktu setempat, NASA akan mengadakan sesi tanya jawab untuk membahas panorama resolusi tinggi secara mendetail. Bell akan berpartisipasi dalam acara itu, seperti juga sesama anggota tim Mastcam-Z Elsa Jensen dari Malin Space Science Systems, dan Kjartan Kinch dari Institut Niels Bohr Universitas Kopenhagen di Denmark. Anda dapat menonton briefing secara langsung di situs Space.com atas izin NASA.

Perseverance adalah inti dari misi Mars 2020 senilai US$2,7 miliar milik NASA. Mobil robotik ini akan mencari tanda-tanda kehidupan Mars kuno di Jezero dan mengumpulkan lusinan sampel untuk dibawa kembali ke Bumi di masa mendatang. Penjelajah ini juga membawa beberapa demonstrasi teknologi, termasuk helikopter bernama Ingenuity yang akan mencoba menjadi helikopter pertama yang terbang di dunia di luar Bumi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa planet mars
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top