Google Hapus Layanan Video Call di Hangouts

Rezha Hadyan
Kamis, 26 November 2020 | 07:24 WIB
Google Meet
Google Meet
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai upaya dilakukan oleh Google untuk mendongkrak jumlah pengguna Meets, salah satunya adalah mengalihkan layanan panggilan video di Hangouts ke Meets.

Sebagai catatan, Hangouts adalah aplikasi perpesanan instan lintas platform Google yang memungkinkan Anda memulai percakapan satu lawan satu atau grup, berbagi gambar dan video, dan melakukan panggilan suara.

Melansir Phone Arena pada Kamis (26/11/2020), apabila Anda membuka aplikasi Hangouts setelah melakukan pembaruan ke versi 36.0.340725045, hal pertama yang akan Anda lihat adalah spanduk yang menyatakan, "Video call di Hangouts sekarang menggunakan Google Meet. Itu memberi Anda teks langsung, berbagi layar, dan lebih."

Pernyataan terakhir terbilang menyesatkan karena video call pribadi masih tersedia di Hangouts untuk saat ini.

Panggilan video grup meskipun tidak lagi ditawarkan melalui Hangouts. Saat Anda mencoba menyiapkan obrolan video grup menggunakan tombol video Hangouts, tautan Meet secara otomatis akan ditempelkan ke dalam kotak tulis.

Pengguna Meet dapat melakukan obrolan video dengan hingga 10 pengguna sekaligus secara gratis dan hingga 25 untuk mereka yang membayar paket Workspace. Sebelumnya, Google mengizinkan 25 orang untuk terlibat dalam percakapan video bersama. Sebagai imbalan untuk mengurangi jumlah maksimum peserta Meet simultan menjadi 10 dari 25, Google meluncurkan teks langsung dan berbagi layar.

Jika Anda masih ingin menggunakan Hangouts untuk sesi obrolan video grup, Anda dapat kembali ke versi 35.0.327050771 untuk melakukannya. Namun, mungkin saja orang yang Anda kenal telah memperbarui ke versi Hangout paling terbaru yang tidak memiliki kemampuan panggilan video grup.

Tentunya hal tersebut akan membuat Anda tidak dapat mengobrol di video dengan pengguna Hangouts lainnya.

Tidak ada lagi panggilan video grup di Hangouts; Pengguna Android sebaiknya menggunakan aplikasi ini Di sebelah kiri, Hangouts lama; di tengah dan kanan Hangouts baru dengan integrasi Meet

Opsi lain untuk dipertimbangkan jika Anda perlu melakukan panggilan video lebih dari 10 orang tanpa biaya adalah Google Duo. Namun, ada pembicaraan bahwa Google juga akan mengganti Duo dengan Meet.

Jadi, ketika membahas video grup untuk pengguna Android, tampaknya Anda harus tetap menjadi konsumen Meet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper