Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menjajal Hi App, Aplikasi Pesan Instan Karya Anak Bangsa

Beberapa aplikasi pesan instan yang populer di Tanah Air antara lain WhatsApp, LINE, Telegram, dan WeChat.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 26 Oktober 2020  |  15:43 WIB
Hi App
Hi App

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan layanan pesan instan berbasis aplikasi ponsel sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari aktivitas yang bersifat santai seperti bergurau dengan keluarga atau teman, hingga aktivitas serius seperti rapat dan melayani pelanggan saat ini bisa dilakukan lewat aplikasi pesan instan.

Oleh karena itu, sudah bisa dipastikan setiap pengguna ponsel pintar memasang setidaknya satu aplikasi pesan instan di ponselnya. Beberapa aplikasi pesan instan yang populer di Tanah Air antara lain WhatsApp, LINE, Telegram, dan WeChat.

Semuanya punya keunggulan masing-masing dan dikembangkan oleh pengembang aplikasi di luar negeri. Tetapi tahukah Anda jika ada aplikasi pesan instan yang berhasil dikembangkan oleh anak bangsa?

Salah satu diantaranya adalah Hi App yang dikembangkan oleh PT Hello Kreasi Indonesia. Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh oleh pengguna Android dan iOS sejak Selasa (20/10) lalu. Aplikasi ini bisa dipasang pada ponsel dengan sistem operasi minimum Android 5.1 Lollipop dan iOS 11.

Ikon yang digunakan oleh aplikasi ini sepintas memiliki kemiripan dengan LINE. Latar belakang warna hijau yang digunakan di ikon tersebut sama persis seperti yang digunakan oleh aplikasi pesan instan besutan Naver itu.

Ketika Anda masuk ke dalam aplikasi Hi App, Anda akan disambut oleh laman utama yang ringkas dan sederhana. Pesan-pesan yang ada di aplikasi tersebut dikelompokkan menjadi tiga, yakni “All”, “Personal, dan “Group".

Sebelum bisa masuk ke laman utama, tentunya Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Caranya mudah saja, masukkan nomor ponsel Anda untuk dijadikan sebagai alat identifikasi akun. Prosedur pendaftarannya mirip dengan WhatsApp, menggunakan verifikasi kata sandi sekali pakai (one-time password/OTP) yang dikirimkan ke nomor tersebut.

Perlu dicatat, aplikasi ini memungkinkan Anda membuat grup obrolan dengan dengan jumlah anggota lebih dari 256 orang atau melebihi batas jumlah anggota grup obrolan Whatsapp. Untuk sementara, layanan yang dihadirkan oleh Hi App baru sebatas pesan teks saja, tanpa ada status, panggilan suara, dan panggilan video seperti WhatsApp ketika awal kemunculannya.

Kemudian untuk tampilan menu utamanya juga terbilang sederhana, hanya menampilkan tiga sub-menu, yakni “Rate”, “Invite”, dan “Settings” beserta tombol untuk mengaktifkan notifikasi. Terdapat pula profil pengguna yang ditampilkan di bagian atas. Apabila ditekan, tampilan profil itu akan menampilkan nomor ponsel beserta pilihan untuk menggati foto profil.

Sementara untuk pengaturan atau sub-menu “Settings” hanya ada dua pilihan yang terdiri dari “Appearance” untuk mengubah dari mode normal ke mode gelap atau sebaliknya dan “Translation” untuk mengaktifkan layanan penerjemahan. Saat ini, Hi App baru bisa menerjemahkan teks dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau sebaliknya.

Menurut Product Specialist PT. Hello Kreasi Indonesia Fanny Febriani Susilo layanan penerjemahan menjadi fitur salah satu fitur yang membedakan Hi App dengan aplikasi sejenis lainnya

“Kita coba mengembangkan fitur ini mengingat orang Indonesia saat ini juga berinteraksi dengan orang-orang asing, begitupun sebaliknya. Terkadang ada keterbatasan bahasa yang dialami saat kita berkomunikasi satu sama lain,” katanya beberapa waktu lalu.

Fanny menjelaskan, fitur unggulan lainnya yang dihadirkan oleh Hi App adalah chat organizer. Dimana ruang obrolan personal dan grup akan terpisah sehingga tidak tercampur seperti aplikasi sejenis yang sudah ada. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik orang Indonesia yang sifatnya cenderung komunal dan gemar berbincang-bincang serta berbagi informasi di grup.

“Jadi, pemisahan ini juga akan mempermudah pengguna dalam berinteraksi. Misalnya, pengguna ingat pernah bahas topik A di grup, tapi dia lupa di grup mana, maka fitur ini bisa mempercepat pengguna melakukan pencarian karena ada pemisahan ruang obrolan personal dan grup,” tuturnya.

Hi App juga mendukung keleluasaan pengguna dalam berbagi file berupa dokumen, foto, dan video di ruang obrolan personal maupun grup. Ukuran maksimal dari setiap file yang bisa dibagikan ke sesama pengguna adalah 100 MB.

Hello Kreasi Indonesia juga menjamin perlindungan data dan privasi pengguna. Hi App dan pihak ketiga tidak dapat membaca obrolan dan semua file yang dibagikan pengguna. Aplikasi ini menggunakan enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption) secara default untuk setiap pesan yang dikirimkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi pesan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top