Aplikasi Pesan Buatan Dalam Negeri, Hi App Sudah Tersedia di PlayStore dan AppStore

Rezha Hadyan
Rabu, 21 Oktober 2020 | 17:22 WIB
Hi App
Hi App
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi pesan instan buatan dalam negeri, yakni Hi App sudah bisa diunduh Google Play Store dan App Store mulai Selasa (20/10/2020) kemarin.

Adapun, sebelumnya aplikasi yang dikembangkan oleh PT Hello Kreasi Indonesia itu diluncurkan dalam versi beta untuk diuji coba terlebih dahulu selama sepekan. Uji coba tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh fitur yang ada dapat berjalan dengan baik di kedua platform seluler itu.

Product Specialist PT. Hello Kreasi Indonesia Fanny Febriani Susilo mengatakan, fitur-fitur menarik yang bisa dinikmati pengguna diantaranya adalah penerjemah, chat organizer, berbagi file, serta mode terang dan gelap.

“Pertama, penerjemah. Ini salah satu fitur yang membedakan Hi App dengan aplikasi sejenis lain. Kita coba mengembangkan fitur ini mengingat orang Indonesia saat ini juga berinteraksi dengan orang-orang asing, begitupun sebaliknya. Terkadang ada keterbatasan bahasa yang dialami saat kita berkomunikasi satu sama lain,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Rabu (21/10/2020).

Sehingga, fitur ini bisa digunakan untuk menerjemahkan pesan-pesan yang diterima pengguna Hi App. Dengan adanya fitur ini komunikasi pun akan lebih mudah dan fleksibel dalam berbagai bahasa. Untuk saat ini, fitur penerjemah pesan yang tersedia bagi pengguna Hi App adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Fanny menjelaskan, fitur lainnya yang ada di Hi App adalah chat organizer. Dimana ruang obrolan personal dan grup akan terpisah sehingga tidak tercampur seperti aplikasi sejenis yang sudah ada. Hal ini disesuaikan dengan karakteristik orang Indonesia yang sifatnya cenderung komunal dan gemar berbincang-bincang serta berbagi informasi di grup.

“Jadi pemisahan ini juga akan mempermudah pengguna dalam berinteraksi. Misalnya, pengguna ingat pernah bahas topik A di grup, tapi dia lupa di grup mana, maka fitur ini bisa mempercepat pengguna melakukan pencarian karena ada pemisahan ruang obrolan personal dan grup,” ujarnya.

Hi App juga mendukung keleluasaan pengguna dalam berbagi file berupa dokumen, foto, dan video di ruang obrolan personal maupun grup. Ukuran maksimal dari setiap file yang bisa dibagikan ke sesama pengguna adalah 100 Megabyte (MB). Selain itu, ada pula fitur light mode dan dark mode yang disediakan untuk mendukung kenyamanan pengguna Hi App.

Pengembang Hi App juga menjamin perlindungan data dan privasi pengguna. Hi App dan pihak ketiga tidak dapat membaca obrolan dan semua file yang dibagikan pengguna. Aplikasi ini menggunakan end-to-end encryption secara default untuk setiap pesan yang dikirimkan dan tidak pernah menyimpan pesan pengguna di peladen dalam format biasa.

Sehingga, ruang obrolan pribadi dan grup pengguna aman karena kunci enkripsi pribadi turut tersimpan di perangkat penerima.

Untuk melindungi akun pengguna dari pihak asing dan akses tidak sah, Hi App menerapkan sistem
identitas end-to-end yang aman dengan menggunakan otentikasi nomor telepon melalui verifikasi
One Time Password (OTP).

Hi App juga dirancang seringan mungkin sehingga bisa berjalan lancar dalam berbagai jenis ponsel pada tingkatan low-end hingga high-end. Aplikasi ini sudah bisa dipasang pada ponsel dengan sistem operasi minimum Android 5.1 Lollipop dan iOS 11.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper