Mozilla Tutup Firefox Send dan Firefox Notes

Amanda Kusumawardhani
Senin, 21 September 2020 | 08:54 WIB
Ilustrasi browser komputer/Creative Commons
Ilustrasi browser komputer/Creative Commons
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mozilla mengumumkan bahwa kedua fiturnya yakni Firefox Send dan Firefox Notes sudah tidak lagi menjadi bagian dari produknya.

“Pada hari ini [17/9/2020], kami mengumumkan akan menghentikan 2 produk kami yakni Firefox Send dan Firefox. Kedua produk ini akan segera ditutup sehingga mereka tidak akan lagi menjadi bagian dari produk Mozilla,” kata Mozilla, dikutip dari blog resminya, Senin (21/9/2020).

Firefox Send memiki fungsi serupa dengan Google Drive atau Dropbox yang memungkinkan pengguna berbagi data dengan ukuran yang besar. Produk Mozilla ini sebenarnya juga masih tergolong baru karena diluncurkan pada Maret tahun lalu.

Sayangnya, sejumlah oknum penggunanya menggunakan fitur ini untuk mengirimkan malware dan melakukan serangan siber (spear phishing). Pada musim panas ini, kami telah melakukan upaya untuk mengatasi persoalan ini.

Namun selama masa perbaikan itu, Mozilla ingin fokus kepada produk-produk prioritas sehingga perusahaan memutuskan untuk tidak meluncurkan kembali versi terbaru produk ini.

Sebaliknya, Firefox Notes awalnya dikembangkan untuk bereksperimen dengan metode baru snkronisasi data terenkripsi. Sesuai dengan tujuannya, Mozilla menjaga produk ini sebagai bagian dari Firefox dan pengguna Android.

Firefox Notes akan dihentikan layanannya dari aplikasi Android Notes dan layanan sinkronisasi per November tahun ini. Fitur ini akan tetap ada di browser Firefox untuk keperluan instalisasi existing dan Mozilla tetap akan memasukkan opsi untuk ekspor ke semua catatan.

Lebih lanjut, fitur ini tidak lagi dikelola oleh Mozilla dan tidak bisa diperbarui lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper