Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mozilla Tutup Firefox Send dan Firefox Notes

Firefox Send memiki fungsi serupa dengan Google Drive atau Dropbox yang memungkinkan pengguna berbagi data dengan ukuran yang besar.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 21 September 2020  |  08:54 WIB
Ilustrasi browser komputer - Creative Commons
Ilustrasi browser komputer - Creative Commons

Bisnis.com, JAKARTA – Mozilla mengumumkan bahwa kedua fiturnya yakni Firefox Send dan Firefox Notes sudah tidak lagi menjadi bagian dari produknya.

“Pada hari ini [17/9/2020], kami mengumumkan akan menghentikan 2 produk kami yakni Firefox Send dan Firefox. Kedua produk ini akan segera ditutup sehingga mereka tidak akan lagi menjadi bagian dari produk Mozilla,” kata Mozilla, dikutip dari blog resminya, Senin (21/9/2020).

Firefox Send memiki fungsi serupa dengan Google Drive atau Dropbox yang memungkinkan pengguna berbagi data dengan ukuran yang besar. Produk Mozilla ini sebenarnya juga masih tergolong baru karena diluncurkan pada Maret tahun lalu.

Sayangnya, sejumlah oknum penggunanya menggunakan fitur ini untuk mengirimkan malware dan melakukan serangan siber (spear phishing). Pada musim panas ini, kami telah melakukan upaya untuk mengatasi persoalan ini.

Namun selama masa perbaikan itu, Mozilla ingin fokus kepada produk-produk prioritas sehingga perusahaan memutuskan untuk tidak meluncurkan kembali versi terbaru produk ini.

Sebaliknya, Firefox Notes awalnya dikembangkan untuk bereksperimen dengan metode baru snkronisasi data terenkripsi. Sesuai dengan tujuannya, Mozilla menjaga produk ini sebagai bagian dari Firefox dan pengguna Android.

Firefox Notes akan dihentikan layanannya dari aplikasi Android Notes dan layanan sinkronisasi per November tahun ini. Fitur ini akan tetap ada di browser Firefox untuk keperluan instalisasi existing dan Mozilla tetap akan memasukkan opsi untuk ekspor ke semua catatan.

Lebih lanjut, fitur ini tidak lagi dikelola oleh Mozilla dan tidak bisa diperbarui lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mozilla Firefox
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top