Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Xiaomi Siap Produksi Massal Ponsel Berkamera Bawah Layar Mulai Tahun Depan

Pengumuman terobosan teknologi kamera bawah layar generasi ketiga berpotensi untuk produksi massal menjadi pencapaian berikutnya dari Xiaomi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 02 September 2020  |  09:40 WIB
Xiaomi segera memproduksi massal smartphone berkamera bawah layar pada 2021. - istimewa
Xiaomi segera memproduksi massal smartphone berkamera bawah layar pada 2021. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Xiaomi menyatakan akan memproduksi secara massal ponsel pintar dengan teknologi kamera depan di bawah layar generasi ketiga mulai tahun depan.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Selasa (1/9/2020) malam teknologi kamera bawah layar generasi ketiga mampu menyamarkan kamera depan di bawah layar sehingga membuat pengguna dapat menikmati pengalaman layar penuh tanpa halangan dari punch hole maupun dot drop.

Hal ini menjadi keputusan strategis Xiaomi dalam mengincar segmen ponsel pintar high-end yang disokong oleh inovasi teknologi dari perusahaan tersebut.

Teknologi kamera bawah layar generasi ketiga terletak pada pengaturan pixel yang memungkinkan permukaan layar bisa dilewati cahaya lewat celah di area sub-pixel tanpa harus mengorbankan kepadatan pixel. Dibandingkan dengan solusi serupa di pasar, Xiaomi berhasil menggandakan jumlah pixel vertikal dan horizontal sehingga area di atas kamera mampu menampilkan tingkat kecerahan, color gamut, dan akurasi warna layaknya area lainnya di layar.

Berdasarkan solusi pengaturan pixel ini, teknologi kamera bawah layar generasi ketiga juga memiliki desain sirkuit spesial untuk menyamarkan lebih banyak komponen di bawah sub-pixel RGB demi meningkatkan transmisi cahaya di area bawah layar.

Dipadukan dengan algoritma optimasi yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi, teknologi kamera bawah layar baru ini menawarkan pengalaman yang baru dan lebih sempurna, menyamai performa dari kamera depan pada umumnya.

Dari generasi pertama yang hanya dikembangkan di dalam laboratorium hingga generasi kedua yang diperkenalkan kepada publik tahun 2019, Xiaomi tidak pernah berhenti mengembangkan kamera bawah layar hingga tiba pada generasi ketiga.

Adapun saat ini, produsen yang diketahui sudah mengembangkan kamera bawah layar adalah Oppo dan ZTE. Bahkan ZTE dalam waktu dekat akan meluncurkan ponsel pintar dengan kamera bawah layar pertamanya ke pasaran.

Strategi produk high-end Xiaomi berakar dari pencapaian teknologinya. Pengumuman terobosan teknologi kamera bawah layar generasi ketiga yang berpotensi untuk produksi massal menjadi pencapaian berikutnya setelah Xiaomi meluncurkan Mi 10 Ultra dengan baterai grafene 120W yang diproduksi massal untuk pertama kali.

Mi 10 Ultra memiliki teknologi canggih: arsitektur pengisian daya cepat yang dikembangkan sendiri yang memungkinkan kombinasi pengisian daya cepat 120W menggunakan kabel dan 50W secara nirkabel. Teknologi berikutnya adalah 120X AI superzoom dan Dual Native ISO Fusion yang menghadirkan pengalaman fotografi yang istimewa dan menempatkan smartphone ini pada puncak peringkat DXOMARK.

Sejak lama pasar ponsel pintar high-end menjadi panggung bagi teknologi mutakhir yang hanya bisa diraih dengan kemampuan inovasi yang kuat, tidak bisa dicapai oleh sembarang perusahaan.

“Sejauh ini, Xiaomi telah membangun dan terus mengeksplorasi teknologi mutakhir seperti pengisian daya cepat, pencitraan, layar, dan wilayah lainnya. Dengan berbagai inovasi tersebut, Xiaomi percaya diri untuk bermain di pasar high-end,” tutup Xiaomi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone kamera hp xiaomi
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top