Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Trump Blokir Wechat, Warga China Ramai-ramai Unduh Aplikasi Buatan AS Ini

Karena larangan itu, beberapa orang China telah beralih untuk mengunduh Signal, aplikasi buatan Amerika. Demikian dikutip dari Hong Kong standard.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 10 Agustus 2020  |  15:00 WIB
Aplikasi Signal
Aplikasi Signal

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Donald Trump telah mengeluarkan perintah eksekutif yang mengumumkan larangan WeChat dan TikTok mulai 20 September 2020.

Karena larangan itu, beberapa orang China telah beralih untuk mengunduh Signal, aplikasi buatan Amerika. Demikian dikutip dari Hong Kong standard.

Juru bicara aplikasi tersebut mengatakan, Pemerintah China sangat mengatur penggunaan internet domestik, dan mengarahkan sebagian besar warganya ke WeChat, aplikasi multiguna yang menawarkan opsi perpesanan, permainan, di antara penggunaan lainnya.

Banyak aplikasi di China diblokir, sehingga membuat warganya mayoritas menggunakan Wechat. Meski demikian, ternyata Signal tidak diblokir di China.

"Kami sebenarnya tidak dilarang di China, percaya atau tidak," kata Jun Harada, juru bicara Signal.

Dia mengatakan unduhan di China mulai meroket beberapa jam sebelum larangan diterapkan Trump.

Signal mendapat nilai tinggi dari pakar privasi karena ia menyimpan sedikit informasi tentang penggunanya dan pesan-pesannya dienkripsi ujung ke ujung.

Menurut Wikipedia, Signal adalah layanan pesan terenkripsi lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Foundation dan Signal Messenger LLC. Ia menggunakan Internet untuk mengirim pesan satu-ke-satu dan grup, yang dapat mencakup file, catatan suara, gambar dan video. Aplikasi selulernya juga dapat melakukan panggilan suara dan video satu-ke-satu, dan versi Android secara opsional dapat berfungsi sebagai aplikasi SMS.

Signal menggunakan nomor telepon seluler standar sebagai pengenal dan mengamankan semua komunikasi ke pengguna Signal lainnya dengan enkripsi ujung-ke-ujung. Aplikasi tersebut mencakup mekanisme di mana pengguna dapat secara independen memverifikasi identitas kontak mereka dan integritas saluran data. Semua perangkat lunak Signal gratis dan bersumber terbuka. Kliennya diterbitkan di bawah lisensi GPLv3, sedangkan kode server diterbitkan di bawah lisensi AGPLv3. Signal Foundation nirlaba diluncurkan pada Februari 2018 dengan dana awal US$50 juta. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi pesan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top