Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Apple Akuisisi Startup, Ubah iPhone Jadi Terminal Pembayaran

Apple Inc. telah mengakuisisi Mobeewave Inc., startup dengan teknologi yang dapat mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran mobile.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 01 Agustus 2020  |  16:08 WIB
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS - Bloomberg
Logo Apple Inc. di salah satu tokonya di AS - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA-- Apple Inc. telah mengakuisisi Mobeewave Inc.,  startup dengan teknologi yang dapat mengubah iPhone menjadi terminal pembayaran mobile.

Teknologi Mobeewave memungkinkan pembeli menggunakan kartu kredit atau smartphone mereka di ponsel lain untuk memproses pembayaran. Sistem ini bekerja dengan aplikasi dan tidak memerlukan perangkat keras di luar chip Near Field Communications, atau NFC, yang telah disertakan iPhone sejak 2014.

Raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California itu membayar sekitar US$ 100 juta untuk akuisisi startup. Mobeewave memiliki lusinan karyawan, dan Apple telah mempertahankan tim yang terus bekerja di Montreal.

"Apple membeli perusahaan teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu dan kami biasanya tidak membahas tujuan atau rencana kami," kata juru bicara Apple seperti dikutip Bloomberg Sabtu (1/8/2020).

Apple biasanya membeli perusahaan rintisan untuk mengubah teknologi mereka menjadi fitur produknya. Apple menambahkan Apple Pay ke iPhone pada 2014. Hal itu memungkinkan pengguna membayar barang fisik dengan keran di toko ritel.

Tahun lalu, korporasi itu juga meluncurkan kartu kreditnya sendiri, Kartu Apple. Melalui akuisisi itu, selanjutnya kartu Apple dapat terintegrasikan dengan Mobeewave tanpa perangkat keras tambahan.

Hal ini akan membuat Apple lebih bersaing secara langsung dengan Square Inc., penyedia perangkat keras dan perangkat lunak pembayaran terkemuka untuk smartphone dan tablet.

Di situs website, Mobeewave menunjukkan demonstrasi pengguna mengetik jumlah transaksi dan kemudian pelanggan mengetuk kartu kredit mereka di telepon untuk memproses pembayaran pada perangkat.

PitchBook mencatat Samsung Electronics Co. bermitra dengan Mobeewave tahun lalu untuk memungkinkan teleponnya menggunakan teknologi tersebut. Perusahaan patungan Samsung juga merupakan investor dalam startup, yang telah mengumpulkan lebih dari US$20 juta.

Baru-baru ini, Apple juga mengakuisisi aplikasi cuaca Dark Sky dan perusahaan penyiaran konten virtual-reality NextVR. Pembelian lainnya termasuk Voysis, Xnor.ai dan Inductiv untuk meningkatkan Siri dan kecerdasan buatan, serta Fleetsmith untuk manajemen perangkat perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone samsung apple
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top