Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Selangkah Lagi Netflix Bisa Diakses Pelanggan Telkom Group

PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyatakan bakal membuka aksesnya terhadap Netflix setelah selama ini memberlakukan pemblokiran.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  23:14 WIB
Netflix. Bloomberg
Netflix. Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) menyatakan keputusan kerja sama dengan Netflix.inc akan rampung dalam hitungan minggu.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro melihat bahwa ada perubahan signifikan dalam kultur layanan yang disediakan Netflix. Menurutnya, penyedia layanan streaming video tersebut telah memiliki kebijakan menurunkan konten.

“Netflix sudah banyak berubah. Kemudian [Netflix] juga [menerapkan kebijakan] takedown policy yang jauh lebih baik dibandingkan dulu. Kami sedang membicarakan serius dengan Netflix, dan memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix. Insya Allah dalam hitungan minggu [membuka blokir],” terangnya lewat webinar, Kamis, (11/6/2020). 

Dia menambahkan bahwa perusahaan asal California tersebut telah berkolaborasi dengan produsen film lokal.

"Kita tahu kenapa Telkom Group sebelumnya tidak membolehkan pelanggan akses Netflix, yaitu karena alasan etik. Waktu itu tidak disepakati soal konten," tuturnya.

Untuk diketahui, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. memiliki rencana untuk membuka blokir penyedia layanan hiburan film raksasa Netflix dengan sejumlah persyaratan.

Di antaranya, agar Netflix menjunjung tinggi regulasi terutama soal konten. Kebijakan untuk menurunkan konten juga sudah harus disiapkan. Selain itu, Netflix juga diminta tetap memperhatikan konten lokal Indonesia.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate menegaskan pemblokiran akses layanan media streaming, Netflix dengan operator Telkom dan Telkomsel adalah urusan bisnis antarperusahaan.

“Netflix kan sudah terbuka, tidak ada yang melarang di Indonesia, sudah bisa ditonton, diakses. Saya pun pelanggan Netflix, saya nonton juga bukan hanya untuk kesenangan saya, tetapi untuk melihat juga kontennya [apakah] sejalan dengan undang-undang kita,” jelasnya Selasa, (14/4/2020).

Sementara itu, ketika dihubungi oleh Bisnis pihak Netflix mengaku belum dapat memberikan komentar lebih jauh terkait kemungkinan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel telkom Netflix
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top