Menurut Google, Ini Tiga Pertimbangan Utama Pembeli Smartphone

Faktor kamera dan desain ternyata bukan pertimbangan paling utama.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  08:20 WIB
Menurut Google, Ini Tiga Pertimbangan Utama Pembeli Smartphone
Model memperlihatkan smartphone premium terbaru Galaxy S10 saat diluncurkan di Jakarta, Rabu (6/3/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA — Data penelitian Google berjudul Android Path To Purchase 2018 menunjukkan pembeli ponsel pintar di Indonesia mendasarkan pilihannya kepada tiga hal yakni kecepatan, daya tahan baterai, dan kapasitas memori.

Senior Industry Analyst - Tech & Telko Google Yudistira Nugroho memaparkan bahwa sebanyak 87% pengguna memilih sebuah ponsel pintar berdasarkan ukuran kecepatan jaringan dan perangkat, sebanyak 83% berdasarkan daya tahan baterai, dan 81% berdasarkan kapasitas memori.

"Selebihnya adalah faktor kamera dengan 71% dan desain tampilan dengan 47%," ujar Yudistira di acara Tech & Telko Talk di kantor Google di Jakarta, Rabu (8/5).

Adapun, lanjut Yudistira, baik itu kecepatan, daya tahan baterai, maupun kapasitas memori menjadi rujukan karena ketiga hal tersebut merupakan indikator utama dari kepuasan pembeli terhadap sebuah produk ponsel pintar.

Untuk masalah kecepatan, dikatakan bukan berarti hanya gawai, melainkan jaringan pun juga harus mampu menopang kebutuhan pembeli terhadap ponsel pintar. Salah satu jalannya, menurut Yudistira, pihak vendor harus bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi atau operator dan menghasilkan solusi kreatif untuk menarik minat lebih banyak pembeli.

Untuk daya tahan baterai, riset Google menunjukkan bahwa penggunaan ponsel pintar di Indonesia sehari-hari hampir 5 jam. Artinya, sekitar 30% dari total waktu 24 jam yang dilalui oleh manusia dalam 1 hari dihabiskan dengan menggunakan ponsel pintar. Jadi, daya tahan baterai merupakan hal terpenting.

"Dan biasanya kalau sinyal susah baterai semakin cepat ngedrop," lanjutnya.

Sementara itu, untuk kapasitas memori, pembeli biasanya sangat membutuhkan hal tersebut karena dalam 5 jam saja seseorang menggunakan ponsel pintar, foto dan video yang diambil jumlahnya tidak sedikit.

Maka dari itu, kapasitas memori juga menjadi hal yang sangat penting bagi pembeli mengingat saat ini aktivitas pengambilan foto dan video sudah tidak lagi menjadi hal yang tidak biasa, bahkan sudah sangat biasa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartphone

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top