Video Call dari Jakarta ke Morotai, Sorong, dan Natuna dengan Palapa Ring

Rahmad Fauzan
Kamis, 21 Maret 2019 | 08:12 WIB
Menkominfo Rudiantara/Bisnis.com-Muhammad Ridwan
Menkominfo Rudiantara/Bisnis.com-Muhammad Ridwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Informatika melakukan uji coba layanan panggilan video menggunakan infrastruktur Palapa Ring. Bertempat di gedung Kemenkominfo, Jakarta. Panggilan video tersebut menghubungkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dengan beberapa pemimpin daerah di Kabupaten Natuna, Morotai, serta Sorong.

Dalam pembicaraannya dengan Bupati Morotai, Benny Laos, Rudiantara memperkirakan dalam waktu 5 tahun lagi kabupaten tersebut akan mengejar ketertinggalannya dari kabupaten lain yang sudah berusia puluhan tahun.

“Juga akan ada investor masuk ke sana. Kalau ada investor (masuk) pemerintah tidak boleh mempermasalahkan isu telekomunikasi atau internet,” ujar Rudiantara, Rabu (20/3).

Selain itu, Rudiantara menambahkan semua sekolah di Kabupaten Morotai akan segera terhubung dengan internet kecepatan tinggi. Adapun, hal tersebut tidak terlepas dari rencana pemerintah untuk meluncurkan satelit milik Indonesia pada 2022 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Benny Laos mengatakan saat ini seluruh akses pelayanan kesehatan di kabupaten tersebut 100% dalam kondisi baik.

Ddalam pelaksanaan rangkaian kegiatan pemanfaatan Palapa Ring juga diperlihatkan uji coba aplikasi Telemedicine atau disebut juga dengan istilah Temenin. Aplikasi tersebut berfungsi menghubungkan rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya di seluruh wilayah Tanah Air.

Untuk sektor nelayan, aplikasi Nelayan Nusantara dapat memberikan informasi cuaca, tinggi gelombang, tracking kapal, serta daerah tangkapan ikan. Selain itu, para nelayan diberikan aplikasi bernama Aruna yang berfungsi menginformasikan akses pasar untuk penjualan ikan hasil tangkapan dengan harga yang lebih kompetitif. Integrasi kedua aplikasi tersebut diharapkan memudahkan serta meningkatkan produktivitas nelayan dalam kegiatan mencari ikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper