Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PASAR PC & PRINTER: HP Inc. Catat Peningkatan Penjualan US$12,4 Miliar

HP Inc. menunjukkan momentum penjualan yang meningkat pada kuartal kedua lewat pertumbuhan untuk komputer pribadi (PC) dan printer untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah dasawarsa.
Agne Yasa
Agne Yasa - Bisnis.com 25 Mei 2017  |  14:24 WIB
Hewlett Packard -
Hewlett Packard -

Bisnis.com, JAKARTA - HP Inc. menunjukkan momentum penjualan yang meningkat pada kuartal kedua lewat pertumbuhan untuk komputer pribadi (PC) dan printer untuk pertama kalinya dalam lebih dari setengah dasawarsa.

Pendapatan HP Inc. naik 6,9% menjadi US$12,4 miliar pada periode yang berakhir pada April, melampaui perkiraan analis untuk kuartal keempat berturut-turut. HP juga memberikan perkiraan laba kuartal ketiga yang mungkin melebihi proyeksi dan menaikkan prospek untuk tahun fiskal. Hal ini menyusul laporan per kuartal yang optimistis pada Februari. Saham tersebut melonjak 9,2% dalam perdagangan diperpanjang, seperti dilansir dari Bloomberg, Kamis (25/5/2017).

Chief Executive Officer Dion Weisler telah mencari jajaran produk yang tepat untuk meraih saham di pasar yang mendapat tekanan sejak perpecahan perusahaannya dari Hewlett Packard Enterprise Co.

Menurut IDC, permintaan konsumen mendorong pertumbuhan yang lebih kuat dalam periode terakhir dan pengiriman unit laptop melonjak 12%, ini mencerminkan industri PC yang akhirnya membukukan secercah pertumbuhan untuk pertama kalinya sejak 2012.

HP juga telah berinvestasi pada produk printer baru, sambil mengeluarkan biaya pemasaran untuk menghidupkan bisnis baru.

Saham HP telah naik 28 tahun ini melalui penutupan Rabu di New York. Saham tersebut telah mengungguli Hewlett Packard Enterprise, yang naik 9,1%.

Perusahaan juga meningkatkan perkiraan untuk tahun fiskal berjalan, yang berakhir pada bulan Oktober. Keuntungan yang disesuaikan dari operasi yang dilanjutkan harus US$1,59 sampai US$1,66 per saham, naik dari proyeksi Februari sebesar US$1,55 sampai US$1,65. Analis memperkirakan rata-rata US$1,62 dalam keuntungan tahunan, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

"Saya akan mencirikan kuartal ini bagi kami benar-benar sebagai babak terobosan. Kami bermain ofensif, kami berada di kursi pengemudi masa depan kita sendiri dan saya pikir masa depan itu sangat cerah untuk kita," kata Weisler.

HP Inc. yang berbasis di Palo Alto, berbasis di California terdiri dari divisi PC dan percetakan dari bekas Hewlett-Packard Co. Perusahaan yang terakhir dipecah menjadi dua pada tahun 2015, dengan unit komputasi dan layanan korporat menjadi Hewlett Packard Enterprise. HP Inc. pada hari Rabu mengatakan bahwa dua kelompok produk utamanya mencatat pertumbuhan pendapatan triwulanan untuk pertama kalinya sejak tahun fiskal 2010.

Penjualan di grup sistem personal, yang termasuk PC, naik 10 persen, seiring dengan kinerja periode sebelumnya. Pendapatan konsumen naik 16%, dan penjualan komersial naik 7% . Sementara penjualan unit notebook naik, penjualan unit desktop turun 6%.

Pendapatan cetak naik 2,3%, setelah turun dua kuartal sebelumnya. Penjualan unit perangkat keras komersial dilakukan lebih baik daripada bisnis konsumen. Penjualan persediaan, termasuk kartrid tinta, naik 2%, kata HP.

Perusahaan telah berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan dan memperluas jajaran produk di unit ini. Ini juga menghabiskan sekitar US$ 1 miliar untuk bisnis printer Samsung Electronics Co. Kesepakatan itu diperkirakan akan ditutup akhir tahun ini, sesuai dengan kondisi, kata Weisler dalam sebuah konferensi dengan para analis. HP juga sudah mulai menawarkan teknologi cetak tiga dimensi.

"Kami sedang melaksanakan, kami juga membuat keputusan investasi yang tepat untuk jangka panjang," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hp penjualan pc
Editor : News Editor

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top