Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DIGITAL: Moto G5, Penghuni 2017 dengan Layar Lebih Mungil

Masa ketenaran Motorola Seri G4 sebagai budget smartphone akan segera berakhir. Kini seri terbaru Moto G5 hadir pada pertengahan 2017, dengan menawarkan tampilan yang lebih baik dari pendahulunya.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 14 Maret 2017  |  03:22 WIB
Motorola Moto G, Motorola Moto E, Blu Vivo Air, Sharp Aquo Crystal, Blu Studio X Plus, Lumia 635.  - Bisnis.com
Motorola Moto G, Motorola Moto E, Blu Vivo Air, Sharp Aquo Crystal, Blu Studio X Plus, Lumia 635. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Masa ketenaran Motorola Seri G4 sebagai budget smartphone akan segera berakhir. Kini seri terbaru Moto G5 hadir pada pertengahan 2017, dengan menawarkan tampilan yang lebih baik dari pendahulunya.

Selain desain ‘kemasan’ yang diperbarui dengan bahan logam aluminium, hal menarik lain ialah ukuran ponsel yang kini dihadirkan dengan ukuran lebih mungil.

Moto G5 ditampilkan dengan ukuran layar yang lebih kecil dan nyaman yakni hanya 5 inci. Hal itu membuat genggaman pada ponsel terasa jauh lebih nyaman, terlebih dengan gabungan desain logam yang membuat kemasan ponsel terasa lebih padat dan halus.

Perbaikan dimahfuman setelah menjadi satu-satunya persoalan nyata yang dihadapi tahun lalu. Lenovo, pemilik Motorola, sebelumnya menaikkan ukuran layar menjadi 5,5 Inchi pada Moto G4, dan membawa ponsel ke dalam kelompok Phablet. Ternyata, hal itu tak membawa ponsel menjadi perangkat paling nyaman di kelasnya pada tahun lalu. Akhirnya produsen melakukan perubahan kembali tahun ini.

Pada ponsel terbaru kali ini, terdapat pemindai sidik jari atau fingerprint scanner, fungsi tambahan yang menjadi fitur menarik dan memberikan Moto G5 alasan untuk bisa menonjol di pasar kelas menengah.

Kamera berkapasitas 13 megapixel hadir dengan deteksi autofocus dan f/2,0 aperture. Khusus untuk selfie, disediakan pula kamera depan dengan kapasitas 5 megapixel. Aplikasi kamera diklaim sangat responsif dan fitur umum lain berjalan lancar.

Dalam hal kinerja, Motorola membenamkan G5 dengan RAM mulai 2GB dan dikemas dengan 1,4 GHz octa-core snapdragon 430 prosesor. Mengamati kinerja G4 yang mumpuni untuk ponsel kelas menengah, pendatang baru dalam seri ini tampaknya akan menawarkan kecepatan lebih besar.

Menariknya, Motorola memutuskan untuk menggunakan baterai dengan daya yang lebih kecil. Jika pada 2016 lalu disediakan baterai dengan kapasitas 3.000 mAh, kini hanya dikemas dengan baterai 2.800 mAh. Kendati demikian, Motorola menyediakan pengisi daya 10W yang dapat memberi ponsel kekuatan baterai selama empat jam setelah 15 menit pengisian daya.

Kapasitas penyimpanan data diberikan sebesar 16 GB, dengan opsi penambahan kartu Micro SD untuk memperluas penyimpanan data hingga 128 GB.

Salah satu daya tarik Moto G, di luar harga yang terjangkau, adalah bermodalkan layanan android. Motorola menahan diri untuk menambahkan aplikasi dan fitur tambahan. Sistem operasi dibiarkan alami dengan menggunakan Nougat Android terbaru, dan berbagai fitur baru. OS diklaim berjalan dengan baik ketika menggunakan telepon dengan aplikasi pembuka langsung.

Didukung pula untuk Google Assistant baru, sehingga pengguna bisa mengirim pesan, melakukan percakapan, navigasi, dan mengelola tugas harian dan lebih lagi, hanya dengan menahan tombol home.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

motorola
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top