SMART CITY, Sejumlah Kota Sudah Bangun Konsep

Puput Ady Sukarno
Minggu, 25 Mei 2014 | 12:00 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta sedang bersiap-siap mewujdukan konsep Smart City, yaitu dengan menyusun grand design smart city Jakarta bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Suhono Harso Supangkat, Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan Institut Teknologi Bandung, mengatakan kota-kota lain seperti Bandung dan Bogor juga mulai tertarik untuk mengimplementasikan konsep smart city di wilayahnya.

“Bahkan, Surabaya sudah mulai menjalankan konsep semacam itu di sisi pemerintahan dan layanan publik yang terintegrasi,” kata Suhono Harso Supangkat.

Dalam 2 hingga 3 tahun mendatang, ITB bekerjasama dengan Telkom Group menargetkan dapat membantu paling tidak sebanyak 5 kota di Indonesia untuk mulai mengembangkan smart city.

Salah satu dimensi terpenting dari Smart City adalah bahwa kota saat ini seharusnya memberikan pelayanan yang menggunakan teknologi terkini, dan membangun infrastruktur yang pintar, sehingga dapat memberikan pelayanan yang efektif dan murah kepada seluruh masyarakat yang tinggal di kota tersebut.  (Puput Ady Sukarno, Tisyrin Naufalty T., Agnes Savithri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (25/5/2014)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper