PENGAMATAN NASA: Cincin Nebula Benar Terbentuk

Y. Bayu Widagdo
Jumat, 24 Mei 2013 | 00:48 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, WASHINGTON--Bentuknya yang khas membuat Cincin Nebula  menjadi populer untuk ilustrasi buku-buku astronomi. Tapi pengamatan oleh NASA teleskop luar angkasa hubble dari glowing gas kafan di sekitar sudah tua, sekarat dan  matahari-seperti bintang mengungkapkan twist baru.

"Nebula ini tidak seperti bagel, melainkan  seperti jelly donat, karena itu diisi dengan bahan di tengah, "kata C.Robert O'Dell dari Vanderbilt University di Nashville, Tenn, seperti ditulis Nasa News.

Dia memimpin tim penelitian yang digunakan Hubble dan beberapa teleskop berbasis darat untuk mendapatkan tampilan terbaik namun dari nebula ikonik. Gambar-gambar menunjukkan lebih Struktur kompleks daripada astronom pernah berpikir dan memungkinkan mereka untuk membangun model 3-D yang paling tepat dari nebula.

"Dengan rincian Hubble, kita melihat bentuk yang sama sekali berbeda dari apa yang telah memikirkan historis untuk nebula ini klasik, "O'Dell kata. "Pengamatan Hubble baru menunjukkan nebula di lebih jelas detail, dan kami melihat hal-hal yang tidak sesederhana seperti yang kita sebelumnya pikirkan. "

Nebula cincin adalah sekitar 2.000 tahun cahaya dari bumi dan langkah-langkah sekitar 1 tahun cahaya di seluruh. Nebula terletak di rasi Lyra, target yang populer bagi para astronom amatir.

Pengamatan sebelumnya oleh beberapa teleskop telah mendeteksi gas bahan di wilayah pusat cincin. Tapi tampilan baru oleh Hubble tajam bermata lebar bidang kamera 3 menunjukkan struktur nebula secara lebih rinci. O'Dell's tim menunjukkan cincin membungkus di sekitar struktur yang biru, berbentuk sepak bola. Setiap akhir struktur menjorok dari sisi berlawanan dari cincin. (foto: kaskus.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Y. Bayu Widagdo
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper