Indosat (ISAT) Gandeng Perusahaan Otomasi UiPath Bidik 60 Juta UMKM RI

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 10 Oktober 2024 | 17:33 WIB
SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo Steve Saerang saat diwawancarai awak media
SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo Steve Saerang saat diwawancarai awak media
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Indosat Tbk. (ISAT) bekerja sama dengan perusahaan otomasi asal Rusia, UiPath, menghadirkan solusi otomasi berbasis kecerdasan buatan (AI) untuk segmen UMKM. Keduanya juga terlibat dalam meningkatkan literasi digital di Tanah Air. 

Diketahui, UiPath merupakan produsen software otomatisasi perangkat robotik (RPA) yang biasa digunakan untuk menggarap pekerjaan repetitif dengan cepat dan akurat. UiPath hadir di Indonesia bekerja sama dengan Indosat guna menyasar sejumlah industri potensial, salah satunya UMKM. 

UiPath juga merupakan mitra Indosat dalam ID Camp. Indosat ingin agar teknologi yang dihadirikan ke Indonesia diiringi dengan peningkatan skalabilitas SDM dalam negeri, sehingga kehadiran teknologi mampu memberdayakan masyarakat. 

SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo Steve Saerang mengatakan Indosat melalui Indosat Business ke depan akan menawarkan solusi UiPath ke UMKM. Dengan solusi otomasi UiPath, UMKM dapat mengelola data pelanggan dengan lebih baik sehingga aktivitas kunci berulang yang dijalankan oleh UMKM, dapat dialihkan ke solusi UiPath. Alhasil, UMKM dapat fokus ke pekerjaan yang lebih krusial, yang berdampak pada peningkatan arus pendapatan. 

Sebagai contoh, UMKM dengan jumlah karyawan sekitar 20 orang, dapat membuat payroll secara mandiri lewat sistem otomasi UiPath. 

“Dan UMKM tersebut tidak perlu lagi menghubungi pihak UiPath karena bisa satu pintu menggunakan Indosat Business,” kata Steve, Kamis (10/10/2024). 

Steve menambahkan melalui kerja sama ini perusahaan melihat potensi pasar UMKM yang sangat besar. Berdasarkan data yang dihimpun ada lebih 60 juta UMKM yang dapat disasar lewat solusi UiPath.

Saat ini Indosat Business hanya memfokuskan UiPath untuk UMKM karena secara teknologi lebih ramah, sederhana dan mudah digunakan oleh UMKM. Selain itu dari sisi harga, juga cukup terjangkau. 

“UMKM yang menggunakan UiPath ini tentu yang sedang dalam tahap naik kelas dan sudah punya banyak pelanggan, pegawai dan lain sebagainya. Untuk mengatur itu semuanya bisa dengan otomasi UiPath,” kata Steve. 

Sementara itu, CEO Indosat Vikram Sinha mengatakan perusahaan telah mengimplementasikan dan merasakan dampak nyata dari UiPath di internal. Sejumlah pekerjaan yang biasanya selesai belasan, dapat dipersingkat menjadi hanya belasan menit.  Pengalaman nyata ini lah yang kemudian akan dibawa Indosat kepada UMKM di Tanah Air. 

“Produk ini akan didorong ke UMKM, Indosat akan latih orang-orangnya dan kasih solusi platform sehingga UMKM bisa naik kelas sehingga Indonesia bisa naik Produk Domestik Bruto (PDB) nya,” kata Vikram. 

Sebelumnya, UiPath, penyedia solusi otomatisasi dan AI B2B, mengumumkan kemitraan dengan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH). Pada tahap awal, kemitraan yang terjalin bertujuan untuk membekali 100.000 talenta digital di Indonesia dengan kemampuan otomatisasi (Enterprise Automation) hingga 2027. 

Inisiatif ini bertujuan mempersiapkan  talenta digital dalam mendukung transformasi Indonesia menjadi pusat talenta AI dan otomatisasi global.

 Sebagai bagian dari kolaborasi ini, UiPath akan melengkapi kurikulum IDCamp Indosat dengan mengintegrasikan pelatihan otomatisasi. Program ini akan menyediakan pelatihan mengenai otomatisasi, membuka peluang bagi para peserta untuk memperoleh sertifikasi sebagai UiPath Certified Professional.

 Founder and Chief Executive Officer at UiPath Daniel Dines mengatakan Indonesia bersiap untuk menjadi kekuatan ekonomi global, oleh karenanya penguatan kesiapan tenaga kerja dan membangun kemampuan digital merupakan aspek penting. 

“Bersama, kami mengadopsi teknologi otomatisasi yang berkelanjutan untuk mendukung kesiapan tenaga kerja Indonesia memasuki era ekonomi digital,” kata Daniel.

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper