3 Asteroid Raksasa Sebesar Pesawat 'Kepung' Bumi Hari Ini

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 September 2024 | 17:08 WIB
Ilustrasi asteroid/unsplash
Ilustrasi asteroid/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, 10 September 2024, Bumi akan 'dikepung' oleh tiga asteroid penting: 2024 RE1, 2024 QS, dan 2024 RX7 menurut pengamatan asteroid JPL NASA.

Benda-benda langit ini, yang masing-masing berukuran sebanding dengan pesawat komersial, akan melintasi planet bumi, memberikan peluang unik bagi para astronom dan penggemar ruang angkasa.

Asteroid pertama, 2024 RE1, ditemukan awal tahun ini oleh teleskop Pan-STARRS1 yang berlokasi di Haleakalā, Hawaii.
Asteroid berukuran kurang lebih 86 kaki ini akan melakukan pendekatan terdekat ke Bumi pada jarak sekitar 3.450.000 kilometer.

Meskipun jaraknya tampak jauh, namun secara astronomi jaraknya relatif dekat, sehingga memungkinkan para ilmuwan mempelajari komposisi dan lintasannya secara lebih rinci.

Berikutnya, asteroid lain yang baru ditemukan, 2024 RX7, akan terbang pada jarak 3.150.000 kilometer. Catalina Sky Survey di Arizona menemukan asteroid pertama yang berukuran sekitar 67 kaki dan sedikit lebih kecil dari 2024 RE1.

Survei tersebut, yang terkenal karena perannya dalam penemuan objek dekat Bumi, telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman kita tentang orbit 2024 RX7 dan kemungkinan kontak dengan Bumi di masa depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper