Planet Jupiter Ditabrak Asteroid Raksasa, Ukurannya 20 Kali Lipat Asteroid yang Tabrak Bumi

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 4 September 2024 | 15:15 WIB
Penampakan langit pagi dari tangkapan layar NASA di salah satu tempat di Amerika Serikat (AS) yang memperlihatkan planet Jupiter, Venus, Saturnus, dan Mars. Fenomena planet sejajar terjadi di Tanah Air dari Bogor hingga New York warga mengabadikan gambar/NASA
Penampakan langit pagi dari tangkapan layar NASA di salah satu tempat di Amerika Serikat (AS) yang memperlihatkan planet Jupiter, Venus, Saturnus, dan Mars. Fenomena planet sejajar terjadi di Tanah Air dari Bogor hingga New York warga mengabadikan gambar/NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Planet Jupiter, planet terbesar di tata surya ditabrak oleh asteroid kuno yang berukuran 20 kali lebih besar dari batu yang menghantam Bumi 66 juta tahun lalu dan menghancurkan dinosaurus.

Menurut penelitian yang dilansir dari Guardian, dampak dahsyat tersebut terjadi 4 miliar tahun yang lalu dan menyebabkan Ganymede, salah satu dari hampir 100 bulan Jupiter yang diketahui, berputar sedemikian rupa sehingga kawah yang terkena dampak hampir langsung menjauhi raksasa gas tersebut.

Menurut model komputer, asteroid tersebut kemungkinan besar berukuran 185 mil dan menghantam dengan sudut 60-90 derajat. Dampaknya menciptakan kawah awal selebar 1.000 mil yang sebagian terisi saat batu dan debu yang terhempas akibat tabrakan tersebut jatuh kembali.

Dr Naoyuki Hirata, seorang ilmuwan planet di Universitas Kobe di Jepang, mengatakan alur-alur khas yang menutupi permukaan Ganymede telah lama dianggap sebagai sisa-sisa beberapa cincin konsentris yang diciptakan oleh dampak asteroid raksasa. Namun tidak jelas seberapa besar dampaknya dan apa pengaruhnya terhadap bulan Jovian, katanya.

Dalam tulisannya di Scientific Reports, Hirata menjelaskan bagaimana pusat sistem alur tersebut mengarah hampir langsung menjauhi Jupiter. Hal ini bisa terjadi jika asteroid yang menabrak Ganymede menambah bobot ekstra pada zona tumbukan, sehingga mengganggu kestabilan bulan dan menyebabkannya berayun pada porosnya.

Simulasi komputer Hirata mengonfirmasi hal tersebut, yaitu ketika sebuah asteroid menghantam Ganymede, menyebabkannya berputar sedemikian rupa sehingga lokasi tumbukan selalu berada di sisi terjauh bulan. Seperti bulan di Bumi, Ganymede terkunci pasang surut ke Jupiter, yang berarti ia terus-menerus menunjukkan wajah yang sama kepada raksasa gas tersebut.

 Dampaknya akan mempunyai implikasi dramatis bagi Ganymede, yang lebarnya lebih dari 3.000 mil lebih besar dari Merkurius. Hal ini akan “menghilangkan seluruh permukaan bulan”, kata Hirata, dan mempengaruhi bagian dalam bulan, yang diyakini para ilmuwan berisi lautan air asin yang tersembunyi.

Hirata tidak dapat mengesampingkan penjelasan alternatif, namun bukti lebih lanjut yang mendukung atau menentang teorinya mungkin berasal dari wahana Juice milik Badan Antariksa Eropa, yang tahun lalu menetapkan arah ke Jupiter dan bulan-bulannya. Sebagai bagian dari misinya, pesawat ruang angkasa akan mencari kantong air dan sumber energi yang penting bagi kehidupan di bulan Jovian.

Prof Leigh Fletcher, ilmuwan planet di Universitas Leicester, mengatakan medan kuno di bulan-bulan Jupiter menjadi saksi pemboman selama miliaran tahun, yang masih dapat dilihat hingga saat ini. “Memahami semua peristiwa yang tumpang tindih di permukaan satelit merupakan sebuah tantangan,” katanya. “Ini adalah upaya yang bagus untuk memundurkan waktu melalui simulasi komputer, mencari penjelasan tentang distribusi bekas luka di Ganymede.”

Misi Juice dilengkapi dengan baik untuk menjelajahi Ganymede lebih jauh, tambahnya. “Ini tidak hanya akan menghasilkan gambar terbaik dari rekahan permukaan yang pernah diperoleh, namun sisa-sisa dampak dan reorientasi ini, dalam bentuk atau medan gravitasi Ganymede, dapat dieksplorasi dengan rangkaian instrumen Juice,” kata Fletcher. “Pengamatan Juice akan memberikan batasan baru yang sangat baik pada hipotesis ‘dampak dan reorientasi’ ini.”

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper