Asteroid Sebesar Pesawat Terbang Dekati Bumi Besok, 24 Juni

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 23 Juni 2024 | 16:10 WIB
Ilustrasi asteroid/unsplash
Ilustrasi asteroid/unsplash
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - NASA telah mengeluarkan peringatan bahwa Asteroid seukuran pesawat terbang setinggi 88 kaki sedang meluncur menuju planet Bumi.

Asteroid 2024 KN1, diperkirakan mendekati Bumi pada 23 Juni 2024, pukul 23.39 IST atau 24 Juni WIB.

Asteroid yang termasuk dalam kelompok Amor ini berukuran diameter sekitar 88 kaki dan akan melaju dengan kecepatan sekitar 16.500 kilometer per jam.

NASA telah mengklasifikasikan asteroid 2024 KN1 sebagai asteroid yang tidak mengancam, dan menekankan bahwa jaraknya tidak akan cukup dekat untuk menimbulkan risiko dampak apa pun.

Sebagian besar objek dekat Bumi, termasuk asteroid seperti 2024 KN1, mengikuti orbit yang menjaganya tetap aman dari planet kita, sehingga tidak berbahaya.

Namun, NASA memantau dengan cermat sebagian kecil asteroid yang dikenal sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya, yang memiliki orbit yang dapat membawanya dalam jarak tertentu dari Bumi, sehingga berpotensi menimbulkan risiko dampak.

Pendekatan jarak dekat Asteroid 2024 KN1 yang akan datang memberi para ilmuwan kesempatan lain untuk mempelajari objek-objek menarik di tata surya kita.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan kemampuan observasi, pemahaman kita tentang objek dekat Bumi dan lintasannya meningkat, sehingga meningkatkan kemampuan kita untuk memprediksi dan memitigasi potensi risiko di masa depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper