Ini Alasan Jokowi Angkat Tangan Kanan Prabowo Jadi Wamenkominfo

Rika Anggraeni
Selasa, 20 Agustus 2024 | 17:39 WIB
Wamenkominfo Angga Raka Prabowo saat dilantik Presiden Joko Widodo/YouTube
Wamenkominfo Angga Raka Prabowo saat dilantik Presiden Joko Widodo/YouTube
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Satu kursi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) telah diisi oleh tangan kanan presiden terpilih Prabowo Subianto, Angga Raka Prabowo.

Pria yang merupakan asisten pribadi alias aspri Prabowo itu resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (19/8/2024).

Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, Drajad Hari Wibowo mengatakan bahwa terpilihnya Angga menjadi Wamenkominfo lantaran dia merupakan sosok yang paham dalam hal masalah ekonomi digital.

“Angga itu aspri [asisten pribadi] Pak Prabowo dulu, kalau tidak salah, jadi betul-betul tim intinya Prabowo dan dia orang yang paham soal masalah ekonomi digital,” kata Drajad saat ditemui seusai acara Sarasehan Nasional: Peluncuran Transformasi Policy Manifesto, Rekomendasi untuk Optimalisasi Ekonomi Digital Indonesia di Jakarta, Selasa (20/8/2024).

Drajad menuturkan bahwa Angga akan bertugas untuk memetakan dan menyiapkan di ranah ekonomi digital. Dia menjelaskan penunjukan ini sebagai masa transisi pemerintahan Jokowi ke era Prabowo Subianto.

“Memang sudah dipilih dan semua yang ditunjuk kan orang-orang lingkaran pribadi Pak Prabowo, kalau dari partai-partai lain belum, karena itu berbeda karena itu kan untuk transisi,” jelasnya.

Drajad menambahkan bahwa Kemenkominfo akan memegang peran krusial dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi misi Prabowo-Gibran yang menginginkan ekonomi digital sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru.

“Kemenkominfo itu akan sama krusialnya dengan ESDM dan lain-lain yang sekarang jadi sumber pertumbuhan, mau tidak mau Kemenkominfo harus bertransformasi untuk bsia menjaid salah satu ujung tombak dari pertumbuhan ekonomi baru,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengaku bahwa hingga saat ini belum ada pembagian tugas antara dirinya dengan Angga Raka Prabowo. Dia menjelaskan pembagian tugas Wamenkominfo akan diputuskan lebih detail.

“Ada kerangka umumnya, tapi detailnya nanti. Karena kita kan mem-breakdown beberapa PR-PR, nanti kami bagi-bagi. Hari ini kita ada rapim [rapat pimpinan],” ujarnya.

Nezar hanya menyampaikan bahwa saat ini Kemenkominfo terus mempercepat sederet pekerjaan rumah (PR) yang harus dirampungkan di masa pemerintahan Jokowi dalam dua bulan ke depan.

Tugas utama yang harus dituntaskan, antara lain aturan turunan kelembagaan untuk pelaksanaan UU Pelindungan Data Pribadi (PDP), pemberantasan judi online, perbaikan arsitektur dan tata kelola data nasional, dan pemanfaatan Al untuk pelayanan publik.

Sementara itu, Nezar menuturkan bahwa kursi Wamenkominfo di era selanjutnya akan tergantung dari pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka periode 2024–2029.

“Tergantung pemerintahan berikutnya, bagaimana posturnya itu tergantung kebutuhan,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper