Punya Waktu Singkat, Wamenkominfo Angga Putar Otak Urus 4 Hal Prioritas

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 19 Agustus 2024 | 15:52 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Wamen Kominfo Angga Raka Prabowo (kiri) usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Wamen Kominfo Angga Raka Prabowo (kiri) usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Angga Raka Prabowo memprioritaskan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk menyelesaikan empat hal besar dalam waktu yang terbatas. Salah satunya perihal UU PDP.

Angga hanya memiliki waktu 2 bulan untuk menyelesaikan sejumlah isu seputar Pelindungan Data Pribadi (PDP), judi online, arsitektur data nasional dan kecerdasan buatan (AI). Keempat hal tersebut, kata Angga, akan diselesaikan semaksimal mungkin dalam waktu singkat. 

“Kami akan koordinasikan agar bagaimana caranya semua fokus tersebut dapat tercapai semua,” kata Angga, Senin (19/8/2024). 

Angga menjelaskan arsitektur data nasional memiliki lingkup yang luas. Mulai dari pemetaan data strategis, nasional dan data tertutup hingga ekosistem dalam pengelolaan data itu sendiri. 

Angga mengaku juga mendapatkan pesan dari Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk menjalankan amanat sebagai Wamenkominfo dengan sebaik-baiknya. 

Angga enggan menjawab mengenai spekulasi penunjukan dirinya sebagai Wamenkominfo untuk memuluskan transisi dari pemerintahan Joko Widodo ke Prabowo.

“Kita jalankan dalam waktu yang singkat. Hari ini kami akan koordinasi untuk percepatan.” kata Angga. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) yang baru mendampingi Budi Arie Setiadi. Angga Raka menjadi Wamenkominfo bersama dengan Nezar Patria. 

Adapun pelantikan tersebut dilakukan di Istana Presiden pada Senin (19/8/2024). 

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi juga melantik tiga orang baru sebagai menteri, yaitu Bahlil Lahadalia sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rosan P. Roeslani sebagai Menteri Investasi/Kepala BKPM, dan Supratman Andi Agtas sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkhumham). 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ujar Jokowi dikutip Senin (19/8/2024). 

Untuk diketahui, Angga merupakan kader Partai Gerindra sejak 2008. Dia juga merupakan staf khusus (Stafsus) dari Presiden Terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto.

Tidak banyak informasi yang bisa didapat dari kader Gerindra itu. Berdasarkan penelusuran Bisnis, akun X miliknya yakni @ARP89 tidak dibuka untuk publik. 

Sementara akun Instagram pribadinya @anggarakaprabowo hanya memiliki satu unggahan saja di mana pada 14 Februari 2024, Angga tampak membagikan beberapa fotonya bersama dengan Prabowo Subianto dalam berbagai kesempatan. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper