7 Tips Melindungi WhatsApp dari Hacker

Redaksi
Sabtu, 20 Juli 2024 | 11:26 WIB
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Logo aplikasi pesan instans whatsapp
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kenali modus-modus hacker WhatsApp. Simak cara melindungi akun WhatsApp guna menghindari para hacker.

Dilansir dari laman indianexpress.com, terdapat 7 langkah yang dapat dilakukan untuk melindungi akun WhatsApp Anda, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Enkripsi ujung ke ujung (End-to-end encryption)

Pastikan obrolan dienkripsi secara menyeluruh. Enkripsi menyeluruh pada platform WhatsApp memastikan bahwa hanya Anda dan kontak Anda yang dapat membaca pesan dan tidak ada orang di antara mereka, bahkan pihak WhatsApp.

Untuk memverifikasi bahwa obrolan dienkripsi secara menyeluruh, buka obrolan, tekan nama kontak untuk membuka layar info kontak, lalu tekan ‘Enkripsi’ untuk melihat kode QR dan nomor 60 digit.

2. Jangan klik tautan/link yang mencurigakan

Jika menerima tautan yang cenderung mencurigakan, Anda sebaiknya tidak mengklik tautan tersebut demi menghindari hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Sebaiknya cari tahu dulu tentang tautan yang dikirim dari kontak tersebut, lalu mengkliknya. Gunakanlah fitur WhatsApp bernama "Tautan yang Mencurigakan" yang dapat membantu pengguna untuk mengetahui apakah tautan tertentu asli atau tidak, dan aman atau tidak.

3. Sesuaikan pengaturan privasi

WhatsApp menyediakan berbagai opsi privasi bagi penggunanya, termasuk opsi dengan siapa mereka ingin berbagi foto profil, status, dan berbagai macam detail lainnya.

Sebaiknya ubah pengaturan ke "Kontak saja". Ini berarti hanya kontak Anda yang dapat melihat foto profil, status, dan berbagai macam detail lainnya yang Anda cantumkan pada akun Anda.

4. Menonaktifkan WhatsApp saat ponsel dicuri atau hilang

Kehilangan ponsel merupakan fenomena yang sangat umum terjadi, baik tertinggal di suatu tempat ataupun dicuri. Dalam kasus ini, seseorang harus segera menonaktifkan akun WhatsApp nya sebelum orang lain meretas dan mendapatkan akses ke semua data pribadinya. 

Untuk menonaktifkan akun WhatsApp, buka pengaturan, pilih ‘Akun’, pilih ‘Hapus akun saya’, masukkan nomor telepon, lalu klik "Hapus akun saya".

5. Ingat untuk keluar dari WhatsApp Web

Kita membuka WhatsApp melalui web, seseorang sering kali memiliki kecenderungan untuk menutup atau mematikan komputer dan membiarkan akunnya terbuka di desktop.

Kebiasaan ini memang memudahkan seseorang untuk masuk ke dalam WhatsApp tanpa memasukkan data apapun, namun hal ini sebenarnya dapat berdampak buruk khususnya ketika menggunakan komputer umum.

Orang lain yang duduk di komputer yang sama dapat mengakses semua obrolan Anda tanpa Anda sadari. Oleh karena itu, praktikkanlah untuk keluar dari WhatsApp Web sebelum meninggalkan komputer.

6. Kunci layar WhatsApp

Gunakan opsi kunci layar WhatsApp yang tersedia di Android untuk menambah keamanan ekstra. Hal ini akan memastikan tidak ada orang lain yang dapat membuka akun WhatsApp Anda kecuali Anda.

Untuk mengaktifkannya, buka menu Setelan, Privasi, lalu pilih opsi ‘Kunci layar’. Setelah proses selesai, Anda harus memindai sidik jari setiap kali membuka aplikasi WhatsApp.

7. Verifikasi dua langkah

Gunakan fitur “Verifikasi dua langkah” untuk menambah keamanan akun WhatsApp. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka WhatsApp, masuk ke Setelan, tekan ‘Akun’, tekan ‘Verifikasi dua langkah’, dan aktifkan.

WhatsApp juga meminta memasukkan alamat email yang benar. Cantumkanlah alamat email yang akurat sehingga akun tidak terkunci jika Anda lupa PIN.

WhatsApp juga memberi peringatan melalui blog resminya bahwa jika Anda menerima email untuk menonaktifkan verifikasi dua langkah, tetapi tidak memintanya, jangan tekan tautan tersebut. Seseorang mungkin mencoba memverifikasi nomor telepon Anda di WhatsApp. (Yoga Al Kemal)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper