Starlink Resmi Beroperasi di RI, Berikut Cara Pemesanan dan Instalasinya!

Redaksi
Rabu, 22 Mei 2024 | 08:48 WIB
Pengguna mengakses layanan Starlink dari Hutan Amazon, Brazil/dok. akun X Starlink
Pengguna mengakses layanan Starlink dari Hutan Amazon, Brazil/dok. akun X Starlink
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Starlink, layanan internet milik SpaceX, resmi beroperasi pada Mei 2024 di Indonesia. Layanan internet tersebut saat ini sudah bisa dipesan dan digunakan. Berikut cara pemesanan dan instalasi Starlink di rumah.

Melansir dari laman resmi Starlink Senin (20/5/2024), Starlink menawarkan potongan harga bagi pelanggan awal yang berakhir pada 10 Juni mendatang.

Harga yang dibanderol untuk perangkat keras Starlink adalah Rp4,68 juta sesudah dipotong dari harga sebelumnya yaitu, Rp7,8 juta.

Adapun untuk melakukan pemesanan, berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

Pertama, lakukan pemesanan kit Starlink Anda melalui laman resmi Starlink, starlink.com. Anda dapat memilih 3 jenis paket untuk kategori personal, yaitu ada Residensial, Jelajah, dan Kapal.

Paket yang paling cocok untuk internet sehari-hari, seperti streaming, panggilan video, game online bersama keluarga merupakan paket Residensial, dengan tarif Rp750.000 per bulan.

Isi kotak paket Residensial terdapat piringan Starlink, Base, Router, Kabel Starlink dan Kabel AC.

Berikut panduan pemasangan Starlink di rumah:

Setelah kit tiba, tentukan lokasi yang ideal untuk antena. Lokasi ini harus memiliki pandangan yang jelas ke langit dan bebas dari hambatan seperti pohon atau bangunan tinggi.

Kedua, pasang antena di lokasi yang telah ditentukan. Antena harus dipasang dengan aman untuk mencegah kerusakan akibat cuaca buruk. Gunakan perangkat keras yang disertakan dalam kit untuk memasang antena.

Ketiga, hubungkan antena kabel ke router Wi-Fi menggunakan kabel yang disertakan. Pastikan bahwa koneksi ini aman dan bahwa router mendapatkan daya yang cukup.

Keempat ruter akan melakukan booting dan memerlukan beberapa menit untuk aktif. Setelah menyala, berdirilah di dekat router, buka aplikasi Starlink, dan ketuk 'Start Setup'. Aplikasi ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah konfigurasi WiFi, seperti mengatur nama jaringan dan kata sandi.

Jika Anda tidak memiliki aplikasi Starlink, cari dan sambungkan ke jaringan "STARLINK" di pengaturan WiFi perangkat Anda.

Pastikan Anda terhubung dengan membuka situs web, menonton video, atau menjalankan uji kecepatan dari aplikasi saat terhubung ke Starlink. Anda akan melihat status ONLINE di layar utama aplikasi.

Setelah beberapa jam terhubung, aplikasi Starlink telah mengumpulkan lebih banyak data. Dari aplikasi Starlink di bagian "Statistics", atau dengan mengetik 'dishy.starlink.com' di browser web, Anda dapat memeriksa statistik seperti kecepatan, waktu aktif, latensi, gangguan, dan peringatan saat terhubung ke router Starlink.

Periksa apakah ada hambatan yang menyebabkan layanan terputus-putus. Lihat kekuatan sinyal dari setiap perangkat yang terhubung di layar Network, gunakan alat Range untuk menguji sinyal WiFi di seluruh rumah Anda, dan jalankan uji kecepatan.

Jika Anda mengalami masalah dengan pengaturan, tinjau panduan di bagian Troubleshooting dan Setup di Dukungan. Perlu waktu hingga 20 menit bagi Starlink untuk terhubung. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper