5 Tips Menambah Followers Instagram (IG) Secara Natural, Tanpa Keluar Duit!

Redaksi
Minggu, 12 Mei 2024 | 09:58 WIB
Logo Instagram/Istimewa
Logo Instagram/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki akun Instagram yang besar dan banyak pengikut atau followers menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas suatu brand. Berikut tips untuk meningkatkan jumlah followers secara natural atau tanpa membeli akun. 

Dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulan, Instagram telah menjadi platform yang sangat populer untuk berbagai tujuan, termasuk bisnis, hiburan, dan komunikasi. 

Berikut 5 tips yang dapat membantu Anda meningkatkan jumlah followers di Instagram Anda:  

1. Maksimalkan Akun Instagram Anda

Sebelum lebih jauh, pertimbangkan bio Instagram, foto profil, dan tautan link di dalam bio yang selaras dengan produk yang ingin diperkenalkan.

Detail ini menentukan identitas dan tema merek Anda di Instagram. Algoritma Instagram juga akan membantu untuk para pengguna menemukan akun Anda. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah gunakan username yang mudah dicari. Gunakan nama merek Anda atau yang paling mirip dengan nama pengguna media sosial Anda yang sudah ada. Contohnya, akun Instagram Uniqlo Indonesia menjadi @uniqloindonesia.

Pilih gambar profil yang profesional. Logo dengan ukuran yang sesuai adalah yang terbaik. Setiap teks dalam gambar profil Anda harus mudah dibaca di layar ponsel.

Perhatikan tujuan tautan bio Anda. Ini sangat penting untuk mengubah pengikut Instagram menjadi lalu lintas atau pelanggan yang bermakna. Ini adalah satu-satunya cara Anda untuk mengalirkan lalu lintas media sosial ke situs web dan promosi Anda.

2. Konsisten dalam Memposting

Konsisten dalam mengembangkan akun Instagram sangatlah krusial. Membuat konten dan memberikan nilai adalah hal yang memperbanyak audiens Anda. Melakukannya secara konsisten akan membantu Anda mempertahankannya.

Itulah mengapa menjaga jadwal posting yang teratur sangatlah penting. Dalam hal kapan dan berapa banyak yang akan diposting, Anda tidak harus terpaku pada angka yang sudah ditentukan. Sebagian besar merek memposting setiap hari atau hampir setiap hari.

3. Berikan Respons dan Obrolan Pada Audiens

Cobalah menanggapi pertanyaan atau komentar sebanyak mungkin. 

Bersikap suportif dan merespons dengan cepat menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda peduli. Pengikut Instagram akan meningkat jika Anda mulai bertindak lebih menarik. Biasanya, pengguna akan membeli suatu produk setelah mengikuti mereka di media sosial. 

4. Buat Konten Sependek Mungkin

Instagram sudah meluncurkan fitur video vertikal berjangka pendek yang dinamakan Reels. Reels merupakan fitur yang tajam, dan algoritmanya emas. Anda bisa membuat konten seperti tutorial, penjelasan lebih detail produk atau bahkan cuplikan singkat di balik layar.

Usahakan untuk menarik perhatian dari detik pertama video Anda. Gunakan imajinasi dan kreatiflah dalam membuat konten untuk membuat pengguna tidak langsung melewatkan video Anda.

5. Promosikan Akun Instagram

Jangan ragu untuk memperkenalkan dan mempromosikan akun Anda jika Anda ingin followers yang banyak. Tambahkan ikon media sosial ke situs web dan email pemasaran Anda. Ikon media sosial memudahkan orang menemukan bisnis Anda dan membantu Anda terhubung dengan pelanggan. Tampilkan link Instagram di beranda atau halaman produk Anda.

Bagikan ulang konten atau pengumuman khusus Instagram di saluran sosial lainnya. Misal, Anda dapat membicarakan IG Live yang akan datang melalui TikTok atau X. (Muhammad Diva Farel Ramadhan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper