WhatsApp, Facebook dan Instagram Down 2 Jam, Pengguna Geram

Rika Anggraeni
Kamis, 4 April 2024 | 08:24 WIB
Logo WhatsApp dan Facebook. /Bisnis.com
Logo WhatsApp dan Facebook. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Platform layanan media sosial milik Meta, WhatsApp, Facebook, hingga Instagram kompak mengalami pemadaman (down) pada Kamis (4/4/2024) dini hari.

Berdasarkan data dari situs Downdetector, Kamis (4/4/2024) pukul 07.42 WIB, mayoritas pengguna WhatsApp di berbagai negara, termasuk Indonesia, melaporkan tidak bisa mengirim pesan sebanyak 60%. Permasalahan lainnya adalah 28% terkait koneksi server dan 12% terkait laporan tidak bisa menerima pesan.

Laporan tertinggi pengguna tidak bisa mengakses WhatsApp, yaitu sebanyak 1.689 laporan. Namun, jumlah laporan itu berangsur turun.

Masih mengacu situs Downdetector, Facebook menerima laporan keluhan sebanyak 47% pada aplikasi situs web, 33% komentar, dan 20% tidak bisa mengirim unggahan di Facebook. Laporan keluhan terkait permasalahan Facebook terjadi di beberapa negara, mulai dari Indonesia, Australia, juga Malaysia

Selain itu, Instagram juga mengalami masalah yang sama. Aplikasi berbagi foto dan video itu menerima laporan koneksi server (50%), aplikasi (30%), dan profil (20%).

Sementara itu, dalam unggahan di platform X (dahulu bernama Twitter), WhatsApp mengaku mengalami permasalahan. “Kami tahu beberapa orang mengalami masalah saat ini, kami berupaya mengembalikan semuanya ke 100% untuk semua orang secepat mungkin,” tulis WhatsApp, Kamis (4/4/2024) pukul 01.55 WIB.

Namun, pada pukul 05.19 WIB, WhatsApp mengatakan masalah tersebut telah teratasi. WhatsApp kembali aktif setelah pemadaman alias down selama berjam-jam mengganggu layanan ribuan orang di seluruh dunia.

Dikutip dari Reuters, Kamis (4/4/2024), hal yang sama juga terjadi pada bulan lalu. Di mana, ratusan ribu pengguna perusahaan media sosial Facebook dan Instagram terkena dampak secara global selama lebih dari dua jam setelah pemadaman listrik yang disebabkan oleh masalah teknis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper