WhatsApp Siapkan Fitur Transkripsi Pesan Suara, Tiru Telegram dan Google

Rahmad Fauzan
Rabu, 20 Maret 2024 | 20:01 WIB
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Logo WhatsApp / whatsapp.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pesan suara WhatsApp di perangkat android tidak lama lagi bakalan memiliki fitur transkripsi pesan suara. Fitur ini kemungkinan besar mulai aktif di versi terbaru WhatsApp Beta.

Indikasi bahwa WhatsApp sedang mengembangkan fitur tersebut ditemukan oleh salah satu blogger android dengan akun @AssembleDebug.

Mengutip PhoneArena, blogger tersebut mengungkapkan terdapat kode di dalam WhatsApp Beta for Android version 2.24.7.7 yang mengindikasikan bahwa pengembangan fitur ini sedang dilakukan.

“Kode itu juga mengungkapkan diperlukan 150 MB untuk mengaktifkan fitur transkripsi itu. Namun demikian, pengembangan fitur ini dikatakan masih ditahap yang sangat awal,” kutip Bisnis.com dari Phone Arena pada Rabu (20/3/2024).

Lokasi untuk mengaktifkan fitur ini diperkirakan serupa dengan yang ada di perangkat iOS. Yakni, di dalam menu Settings > Chats. Pesan suara ini dikatakan juga terenkripsi secara end to end.

Ketika fitur ini dirilis, WhatsApp bakal menyusul penyedia layanan perpesanan lain yang sudah terlebih dahulu memiliki layanan transkripsi pesan suara.

Sebagai informasi, Telegram dan Google Messages sudah memiliki fitur transkripsi pesan suara di perangkat android.

Telegram, membatasi layanannya transkripsinya terhadap pengguna nonpremium. Sementara itu, Google Messages memberikan layanan secara cuma-cuma kepada pelanggannya.

Namun, belum diketahui bagaimana ketentuan yang akan diterapkan WhatsApp untuk pengguna fitur pesan suara di android mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper