Ini Fitur Penting Web Whatsapp di Laptop

Redaksi
Senin, 18 Maret 2024 | 15:00 WIB
Simak manfaat fitur web WhatsApp di laptop./Androidpit
Simak manfaat fitur web WhatsApp di laptop./Androidpit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang menggunakan whatsapp sebagai media untuk berkomunikasi oleh karena itu web whatsapp terus melakukan inovasi salah satunya yakni dengan meluncurkan berbagai fitur canggih pada web whatsapp.

Web whatsapp memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat yang menggunakan aplikasi pesan singkat ini. 

Simak keuntungan fitur web whatsapp: 

1. Aksesibilitas

Web whatsapp web dapat mempermudah dalam mengakses akun whatsapp pada komputer atau laptop sehingga komunikasi bisa berjalan tidak hanya melalui handphone.

2. Layar lebih besar

Biasanya whatsapp diakses melalui handphone dengan layar yang tidak terlalu besar, namun dengan menggunakan whatsapp web yang diakses melalui komputer atau laptop dapat memberikan tampilan yang lebih besar sehingga memudahkan dalam membaca pesan, melihat foto, dan video.

3. Multitasking

Whatsapp web mempermudah para pengguna yang ingin mengaksesnya ketika melakukan pekerjaan di laptop atau komputer sehingga tidak perlu untuk beralih kepada handphone untuk melihat pesan atau panggilan telepon.


4. Pesan disinkronkan

Semua pesan, kontak dan file media akan disinkronkan antara handphone dan komputer sehingga para pengguna tidak perlu membuka handphone untuk melihat atau mendownload suatu file.

Manfaat fitur web whatsapp:

1. Menggunakan dua akun secara bersamaan

Dilansir dari ghacks.net, pada umumnya whatsapp hanya mengizinkan para pengguna mengakses satu akun dalam satu browser. Namun jika para pengguna mengakses melalui Google chrome maka dapat menggunakan dua akun secara bersamaan dengan mengakses akun kedua dalam mode penyamaran.

2. Kode QR

Fitur whatsapp web yang canggih dan sangat penting yakni kode QR, fitur ini digunakan untuk mengakses obrolan pada whatsapp web, apabila tidak memindai kode QR maka  whatsapp web tidak akan terbuka dan terhubung. Memindai kode QR merupakan tindakan keamanan untuk mematikan akun terhubung ke perangkat yang benar.

3. WA Toolkit extension

WA Toolkit extension merupakan ekstensi browser yang menawarkan dua fitur bermanfaat bagi para penggunanya. Manfaat yang diberikan yakni dengan cara mengaktifkan notifikasi latar belakang, sehingga para pengguna tidak perlu melihat aplikasi terlebih dahulu ketika ingin membaca pesan.

4. Emoji shortcut

Whatsapp web mempunyai ikon emosi disebelah kiri teks. Namun bagi para pengguna whatsapp web terdapat pintasan untuk mengakses emoji apapun tanpa perlu membuka kolom emosi, cara yang dilakukan yakni cukup ketikkan dua huruf pertama emoji yang ingin digunakan setelah titik dua.

Pintasan pada diberikan whatsapp web tidak hanya sebata itu saja, berikut pintasan yang dapat digunakan para pengguna

Ctrl + Alt + Shift + U : Sudah membaca pesan

Ctrl + Alt + Shift + M : Menonaktifkan suara

Ctrl + Alt + Shift + E : Arsipkan obrolan

Ctrl + Alt + Backspace : Hapus obrolan

Ctrl + Alt + Shift + P : Menyematkan obrolan

Ctrl + Alt + Shift + F : Mencari obrolan

Ctrl + Alt + N : Obrolan baru

Ctrl + Alt + Tab : Obrolan selanjutnya

Ctrl + Alt + Shift + Tab : Obrolan sebelumnya

Ctrl + Alt + Shift + N : Grup baru

Ctrl + Alt + S : Panel stiker

Ctrl + Alt + G : Panel GIF

Ctrl + Alt + E : Panel emoji

Ctrl + Alt + P : profile

5. Picture-in-Picture (PiP) mode

Mode Picture-in-Picture diperkenalkan pada tahun 2018, fitur pada whatsapp web ini memudahkan para pengguna untuk menonton video dari berbagai sumber yakni seperti Youtube, Facebook, dan Instagram, tanpa perlu keluar dari laman aplikasi. Video biasanya diputar pada sudut kanan atas jendela obrolan sehingga para pengguna dapat menonton video dan mengobrol secara bersamaan.


6. Document sharing

Document sharing atau berbagi dokumen merupakan salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi whatsapp web, pada fitur ini memudahkan para pengguna dalam mengirimkan dan menerima file multimedia hingga 100 MB seperti PDF, word, PowerPoint, dan foto. (Nur Afifah Azahra Aulia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper