Terungkap! Apple dan OpenAI Segera Pasang ChatGPT di iPhone

Jessica Gabriela Soehandoko
Sabtu, 11 Mei 2024 | 13:04 WIB
Warga menunjukan aplikasi ChatGPT di Jakarta, Jumat (10/2/2023). Apple akan segera pasang teknologi ChatGPT ke dalam iPhone./ Bisnis-Abdurachman
Warga menunjukan aplikasi ChatGPT di Jakarta, Jumat (10/2/2023). Apple akan segera pasang teknologi ChatGPT ke dalam iPhone./ Bisnis-Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA Apple Inc. makin dekat untuk mencapai kesepakatan dengan Open AI untuk menggunakan teknologi ChatGPT ke dalam iPhone.

Mengutip Bloomberg pada Sabtu (11/5/2024) menurut orang-orang yang mengetahui permasalahan ini, langkah ini dilakukan Apple untuk membawa fitur kecerdasan buatan ke dalam perangkatnya.

Diketahui bahwa kedua belah pihak telah menyelesaikan persyaratan perjanjian untuk menggunakan fitur ChatGPT dalam iOS 18 Apple, sistem operasi iPhone berikutnya.

Kemudian, Apple juga juga telah melakukan pembicaraan dengan Google milik Alphabet Inc. tentang lisensi chatbot Gemini perusahaan tersebut. Pembicaraan tersebut belum menghasilkan kesepakatan namun masih berlangsung.

Sebuah kesepakatan dengan OpenAI akan memungkinkan Apple menawarkan chatbot populer sebagai bagian dari serangkaian fitur AI baru yang direncanakannya untuk diumumkan bulan depan.

Bloomberg melaporkan pada April 2024 bahwa diskusi dengan OpenAI telah intensif. Namun, belum ada jaminan bahwa kesepakatan akan diumumkan segera.

Adapun, Apple  berencana untuk membuat gebrakan di dunia kecerdasan buatan pada Juni 2024 saat mengadakan Konferensi Pengembang Dunia tahunannya.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, perusahaan akan menjalankan beberapa fitur kecerdasan buatan yang akan datang melalui pusat data yang dilengkapi dengan prosesor internalnya.

Tahun lalu, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa ia secara pribadi menggunakan ChatGPT milik OpenAI dan mengatakan bahwa terdapat sejumlah masalah yang perlu diselesaikan. Ia juga berjanji bahwa fitur AI baru akan hadir pada produk Apple dengan dasar yang sangat bijaksana.

“Kami percaya pada kekuatan transformatif dan janji AI, dan kami yakin kami memiliki keunggulan yang akan membedakan kami di era baru ini, termasuk kombinasi unik Apple dalam integrasi perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan yang mulus,” tuturnya saat laporan pendapatan.

Perwakilan untuk Apple, OpenAI, dan Google diketahui menolak untuk berkomentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper